Gemar Makan Ikan, Cegah dan Atasi Penurunan Stunting Di Wilayah Koramil 0801/09 Sudimoro

Pacitan – Stunting hingga saat ini masih menjadi permasalahan serius dan fokus utama, baik dari pemerintah maupun TNI dalam upaya pencegahan, agar tidak terus meningkat.

Pada kesempatan ini, Danramil 0801/09 Sudimoro Kodim 0801/Pacitan Kapten Czi Suprapto didampingi anggota bersama ketua Persit KCK Ranting 09 Sudimoro mengunjungi salah satu warga Desa Sudimoro, Kec. Sudimoro, Kab. Pacitan, yang anaknya mengalami stunting, Rabu (23/08/2023).

Kunjungannya tersebut selain sebagai bentuk kepedulian kepada anak penderita stunting, juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar gemar makan ikan guna mencegah peningkatan angka stunting di wilayah teritorialnya.

Menurut keterangan Danramil 0801/09 Sudimoro, dengan mengkonsumsi ikan dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi secara optimal pada anak, sehingga membantu dalam pencegahan stunting.

“Dilihat dari banyaknya gizi yang terkandung dalam ikan, dengan mengkonsumsi ikan secara rutin dinilai dapat bermanfaat untuk pencegahan stunting pada anak, sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna”, kata Danramil saat dikonfirmasi awak media.

Lebih dari itu, melalui gerakan makan ikan diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur sesuai yang dianjurkan bagi kesehatan, sehingga terbentuk anak-anak Indonesia yang sehat, kuat, cerdas dan berkualitas.

“Dengan adanya pengenalan gemar makan ikan harapannya komoditas ikan lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat khususnya anak-anak karena memiliki kandungan gizi yang optimal seperti omega 3, protein, vitamin, mineral, dan kolestrol baik serta cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau”, ungkapnya.

Menurutnya, program gemar makan ikan bisa menjadi salah satu upaya yang tepat guna mencegah stunting. Dimana, Kab. Pacitan terletak di pesisir laut selatan, sehingga beragam jenis ikan laut mudah didapat untuk bisa diolah menjadi bahan kuliner yang bervariatif.

“Olahan ikan juga dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya, agar disukai anak anak. Sehingga melalui berbagai makanan sehat yang bahan dasarnya ikan tersebut, gizi anak tetap seimbang dan masalah stunting bisa dicegah sejak dini”, jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *