Cegah Kekurangan Air, Serda Iksanudin Bantu Masyarakat Bangun Bak Penampungan Air

TULUNGAGUNG, trisulanews.com – Desa Pakisrejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Tanggunggunung yang terdampak kekeringan jika musim kemarau tiba. Merujuk pada data BPBD Tulungagung yang menyebutkan bahwa ada lima Kecamatan yang terdapat kekurangan air bersih yaitu Rejotangan, Kalidawir, Pucanglaban, Besuki dan Tanggunggunung.

Koramil 0807/18 Tanggunggunung pernah bersinergi dengan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung memasok air bersih ke desa Pakisrejo Kecamatan Tanggunggunung yang mengalami kekeringan pada Jumat 10 Agustus 2018 yang lalu.

Kali ini Babinsa Pakisrejo Serda Iksanudin dan warga melaksanakan karya bakti dalam rangka pembuatan bak penampungan air untuk kebutuhan air bersih warga di Dusun Tanggungbaran Desa Pakisrejo yang selalu kesulitan air bersih selama musim kemarau. Dengan pembuatan bak penampungan diharapkan sedikit membantu meringankan kendala kebutuhan air bersih warga Dusun Tanggungbaran Desa Pakisrejo Kecamatan Tanggunggunung, Kamis (20/09/2018).

Bak penampungan air yang dibuat warga merupakan bak penampungan permanen yang terbuat dari cor semen. Warga memulai proses pembuatannya dengan menggali tanah yang kemudian di cor semen.

Babinsa Desa Pakisrejo menjelaskan bahwa pembuatan bak penampungan air ini setidaknya mampu mengurangi beban kekurangan air bersih warga. Sebab, musim kemarau yang terjadi tiga bulan terakhir telah membuat warga sekitar kekurangan air bersih meski pernah mendapat pasokan air bersih dari pemerintah daerah.

“Pembuatan bak penampungan ini mampu meringankan kebutuhan akan air bersih warga. Setidaknya pas kekeringan, warga tidak harus selalu bergantung pada bantuan pasokan air bersih dari pemerintah daerah.” tutup Serda Iksanudin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *