Biasa Mencari Rumput, Ini Harapan Mbah Sutinem di TMMD 115 Tulungagung

Tulungagung – Mbah Sutinem (68) merupakan warga Desa Gondanggunung yang kesehariannya mencari rumput untuk makanan ternaknya. Dikarenakan akses jalan yang dilalui terhitung sulit, juga dikelilingi oleh jurang yang curam, bahkan sangat licin disaat musim penghujan, mbah Sutinem harus berjalan kaki menuju lokasi mencari rumput.

Dengan adanya rabat jalan TMMD 115 Tulungagung diharapkan mampu mempermudah akses warga sehingga dapat mendongkrak perekonomian dan pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Mbah Sutinem berharap rabat jalan yang dikerjakan oleh Satgas TMMD 115 bersama warga masyarakat Desa Gondanggunung segera selesai sehingga bisa menggunakannya untuk menuju Dusun Sorjo tanpa harus memutar melewati beberapa desa lain untuk menuju Dusun Sorjo. Ia menyebutkan bahwasanya jalan yang dirabat oleh Satgas TMMD 115 dulu merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilewati jika tanahnya pas kering. Hanya beberapa orang saja yang berani melewatinya.

“Dulu jalannya hanya segini (sekitar 70 centimeter jika melihat tangan mbah Sutinem menunjukkan lebar jalan).” ungkap mbah Sutinem usai memberi makan ternaknya, Minggu (16/10/2022).

Mbah Sutinem jika ingin menghadiri hajatan di Dusun Sorjo harus memutar arah melewati beberapa desa tetangga yang terbilang lumayan jauh dan juga jalan yang lumayan sulit juga. Terkadang ia merelakan untuk tidak hadir jika ada acara di Dusun Sorjo, terlebih lagi Kades Gondanggunung berdomisili di Dusun Sorjo.

“Kalo ada hajatan, ikut carteran muter dulu jauh pak. Kadang nggak hadir, titip ama yang yang hadir aja. Apalagi pak Kades orang Sorjo, kalo ada perlu harus muter dulu.” tutup mbah Sutinem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *