Yonranratfib 2 Marinir Latih Insting Siswa Kejuruan Kavaleri Teknik Menembak Malam

Situbondo. Sebagai lanjutan materi menembak sebelumnya, Siswa Pendidikan Kejuruan Bintara (Dikjurba) Angkatan XXXII dan Siswa Pendidikan Kejuruan Tamtama (Dikjurta) Angkatan XLVI Kavaleri TA. 2023 Kodikmar, melaksanakan latihan praktek (Lattek) materi menembak malam di atas kendaraan tempur (Baksenran) maupun tembakan statis di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Situbondo. Senin (10/07/2023) Malam.

Tidak berbeda dengan materi menembak siang hari, pada rangkaian kegiatan lattek menembak malam tersebut hanya memiliki perbedaan waktu serta kondisi keterbatasan pencahayaan, sehingga membutuhkan teropong malam sebagai perangkat pendukung untuk koreksi sasaran dalam penembakan senjata jenis PKT (polumyot kalasnikova tank) kal.7,62 mm yang dilaksanakan di atas Ranpur serta penembakan secara statis menggunakan senjata M2HB (M2 Heavy Barrel) kal.12,7 mm dan GPMJ (General Purpose Machine Gun) kal.7,62 mm.

Lebih jelasnya, Komandan Yonranratfib 2 Mar Letkol Marinir Aloysius Yogandhi Nugroho, M.Tr.Opsla. menyampaikan, bahwa tujuan lattek menembak senjata dengan minimnya pencahayaan merupakan bagian dari problem para siswa untuk melatih insting menghadapi segala kondisi maupun situasi saat bertugas sebagai kru Ranpur di satuan-satuan tempur Korps Marinir TNI AL.

“Dengan Latihan ini diharapkan kepekaan para siswa ketika beroperasi di medan tugas pada malam hari yang minim pencahayaan, dituntut tetap mampu mendeteksi dan melumpuhkan musuh dengan ketrampilan maupun kemampuannya sebagai syarat mutlak menjadi prajurit handal dan profesional,” ujar Komandan Yonranratfib 2 Mar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *