Kodim 0501/JP BS Bina Netralitas Pilkada TA. 2018

Jakarta, (trisulanews.com) Letkol Czi Ridwan Ali Abdul, S.sos, M.sc, M.A. selaku Pgs Kasdim 0501/JP BS memimpin Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada di Wilayah Kodim 0501/JP BS TA. 2018 di Aula Makodim Jl Selaparang, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dikesempatan itu Kasdim membacakan amanat Dandim yang menyatakan bahwa kegiatan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada, bertujuan menyegarkan ingatan dan mengajak para Prajurit dan Keluarga Besar TNI untuk bersikap Netral dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2018. Apalagi Pilkada serentak sendiri akan digelar di 171 daerah terdiri dari 17 Provinsi, 115 Kabupaten dan 39 Kota yang tersebar diseluruh Indonesia.

“Untuk itu selaku aparat kita perlu melakukan pemetaan potensi konflik disertai koordinasi yang intensif dengan aparat penegak hukum dalam upaya mengantisipasi gesekan horizontal di masyarakat”, ajak Dandim seperti yang disampaikan Kasdim.

Dan untuk itu Kasdim pun mengajak hadirin untuk memahami konsep netralitas TNI yaitu, “Suatu sikap tidak berpihak kepada pihak manapun, sikap untuk netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis”. “TNI tidak boleh terlibat dan mendukung secara langsung atau tidak langsung salah satu peserta Pemilu/ Pilkada”, tutup Kasdim

Selain Prajurit dan PNS Kodim turut hadir prajurit dari satuan lain seperti Puspenerbad, Dittopad, Ditkuad, Yonbekangrad 3 serta ormas FKPPI, PPM dan anggota Persit KCK Cabang XV PD Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *