Pramuka Buka Puasa Bersama Pengungsi Palestina

YORDANIA, trisulanews.com – Hari pertama puasa kemarin Relawan Pramuka, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) berbuka puasa bersama warga pengungsi Palestina di kamp Gaza, Prov. Jerash, Yordania.

Eko Sulistio pimpinan Abdimasgana saat itu terharu dapat berbagi kebersamaan di awal Ramadhan.
“Alhamdulillah saya saat ini berada di kamp Gaza, di mana di sini ditampung warga Palestina. Saat ini Ramadan awal kita berbuka puasa bersama anak-anak Palestina. Kita lihat saat ini mereka menikmati hidangan di awal Ramadan,” ujar  Eko Sulistio.

Dikesempatan itu Eko juga merasa prihatin melihat kondisi warga Palestina yang minim dukungan fasilitas kesehatan, tenda dan air bersih masih di kamp kamp yang tersedia.

Menurut dia, masih banyak bantuan yang dibutuhkan oleh para pengungsi Palestina dan Suriah. Relawan Pramuka ini akan berada di Kota Amman, Yordania sampai tanggal 25 Mei 2018. Dia bisa dihubungi melalui nomor WhatsApp 0818939986 dan 081210834695, serta nomor lokal Yordania +9627 7905 8479.

Masih kata Eko, “Bantuan yang kami berikan pada hari Rabu, Kamis dan Jumat (2-4 Mei 2018) berupa 500 paket bahan makanan, terdiri dari beras, minyak goreng, keju, susu, gula, teh, mie instan, ikan tuna, tepung gandum roti, biskuit, dan coklat. Kemudian, 15 paket tenda keluarga, serta mainan untuk anak-anak pengungsi Suriah. Kami juga mendistribusikan bantuan mobil ambulans dari Darut Tauhid untuk pengungsi Palestina dan Suriah,” katanya

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menambahkan, selama melakukan proses pendistribusian bantuan kepada pengungsi Palestina dan Suriah, Eko dibantu oleh Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Yordania (HPMI). Eko juga didukung oleh pihak Kedutaan Besar RI (KBRI) setempat. Karena itu, ia mengungkapkan terima kasih atas semua dukungannya.

Adhyaksa juga mengapresiasi keberhasilan Eko Sulistio mendistribusikan bantuan. Eko dinilai sudah berjuang memberikan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu para pengungsi Palestina dan Suriah. Kerelawanan seperti ini, tegas Adhyaksa, selalu dilakukan oleh Pramuka, baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk membantu sesama.

“Selamat berpuasa Ramadan 1439 H. Semoga bulan Ramadan ini membawa keberkahan bagi kita, juga untuk warga Palestina. Semoga Allah jauhkan mereka dari segala mara bahaya. Insya Allah kemerdekaan Palestina akan dapat diraih,” pungkas Menpora 2004-2009 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *