Prajurit Yonkapa 2 Mar Laksanakan PMDB Meriam Howitzer 105 MM

Surabaya, Jelang Latihan Satuan Lanjutan (LSL) II TW III TA. 2021, Prajurit Ksatria Perkasa Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri 2 Marinir (Yonkapa 2 Mar) laksanakan Latihan Pelayanan Meriam Dinas Baterai (PMDB) di Garase Yonkapa 2 Mar, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung Surabaya. Kamis (09/09/2021).

Kendaraan tempur lapis baja  yang dimiliki Yonkapa 2 Marinir dalam Operasi Pendaraan Amfibi Korps Marinir sangat berperan penting, karena kendaraan lapis baja tersebut dituntut untuk dapat mendaratkan senjata berat Meriam Howitzer 105 mm dari KRI menuju pantai pendaratan dengan cepat, aman, dan tepat waktu untuk Meriam 105 mm sebagai senjata bantuan benar-benar mampu mendukung pasukan kawan dengan kemampuan Senbannya.

Untuk itu sebelum diterjunkan di medan latihan maupun penugasan maka sangat diperlukan latihan drill tata cara naik turun meriam Howitzer 105 ke Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri (Kapa) jenis K61 ini dengan tujuan agar pengawak Ranpur Kapa dengan awak pucuk meriam benar- benar memahi tugas dan tanggung jawabnya sehingga lebih sigap, cepat dan aman dengan mengutamakan  Zero Accident.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir Mayor Marinir Yudha Fahruliyan, S.H., M.Tr.Opsla. menyampaikan, “Dengan  bekal materi dan skill yang diperoleh dari satuannya maka sangat diperlukan latihan bersama antara pengawak Meriam dengan pengawak Ranpur sehingga terjalin komunikasi yang baik, guna meningkatkan profesionalisme prajurit dalam mendukung tugas pokoknya serta meminimalisir kesalahan teknis yang dapat menimbulkan kerugian personil maupun material,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *