Melalui TMMD, Pemda dan Kodim 1417/Kdi Rehabilitasi Rumah Warga Desa Labengki

trisulanews.com – Bupati Konut melalui Kabag Humasnya berencana akan merehabilitasi dua rumah warga Desa Labengki yang tidak layak huni. Rehabilitasi itu diwujudkan melalui program TMMD yang digulirkan pemerintah.

“Dengan adanya TMMD di Desa ini, maka secara otomatis akan menjadi target utama dalam rehabilitasi rumah warga, hingga mendapatkan hunian yang layak” , ungkap La ode Amanuddin Kabag Humas PEMDA konawe Utara.

Dari informasi resmi yang diraih, kedua rumah berukuran luas 4×5 meter persegi, yang terletak di Desa Labengki Kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara dihuni oleh nenek No dan keluarga Mirlan.

Mirlan dalam hal ini mengatakan, “kami sudah tinggali ini rumah semenjak menikah sampai sekarang” ungkap Mirlan kepala rumah tangga yang mendiami gubuk atap dan dinding rumbia bersama istri dan dua anak-anaknya.

Mirlan yang sehari hari sebagai penchari ikan dengan cara memukat dan memancing, juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan air tawar didaerahnya.

“Tempat kami mengambil air di Pasir panjang untuk masak, mandi, cuci, dengan menggunakan perahu ketinting, saya biasa pakai jerigen kecil sebanyak 20 yang ukuran 5 liter kalau pakai galon biasa 10 saja, yang bisa dimuat dan harus mengeluarkan biaya 2 liter bensin”ujar Mirlan

Sementara Nenek No (55) yang tinggal di gubuk berkisar 10 tahun di Desa Labengki sebelumnya pernah tinggal di Desa Tapuunggaya bersama suaminya (Mamba) 60 tahun dengan anaknya tunawicara (Hatiman) 35 tahun harus rela bergabung demi untuk menjalani kerasnya kehidupan.

Melihat keluhan warga Desa Labengki, jajaran pemerintah daerah, Bupati dan Kodim 1417/Kdi bergerak membantu  keluhan dua warganya melalui program TMMD 2018. (e)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *