Melalui Penanaman Pohon, Koramil 0801/03 Arjosari Ikut Berkontribusi Cegah Kerusakan Alam

Pacitan – Anggota Koramil 0801/03 Arjosari Kodim 0801/Pacitan turut berkontribusi dalam mencegah alam dari kerusakan melalui aksi penanaman pohon, yang berlangsung di Desa Jatimalang, Kec. Arjosari, Kab. Pacitan, Jumat (22/03/2024).

Meski dalam suasana bulan puasa ramadhan akan tetapi tak menyurutkan semangat dan tekad untuk melaksanakan penanaman pohon secara serentak dengan melibatkan TNI, Polri, Dinas Kehutanan, Pelajar dan masyarakat.

Kegiatan penanaman pohon selain merupakan upaya penghijauan, juga sebagai bentuk kepedulian bersama dalam menjaga kelestarian alam, agar kedepannya dapat memberikan nilai manfaat besar bagi keberlangsungan makhluk hidup di sekitarnya.

Dikatakan oleh Danramil 0801/03 Arjosari Letda Chb Misrun, bahwa dengan melakukan penanaman pohon diharapkan selain menjaga kualitas udara dari pemanasan global juga untuk memperbaiki sumber daya air yang ada, dan mengurangi resiko bencana.

“Banyak manfaat yang di dapat dengan menanam pohon, diantaranya untuk memperbaiki fungsi hutan, yang sekaligus menjaga lingkungan hidup yang sehat. Karena fungsi hutan juga sebagai pengendali banjir, longsor dan erosi”, jelasnya usai melakukan penanaman di lokasi.

Lebih dari itu, aksi ini juga selaras dengan apa yang menjadi program unggulan Kasad yakni menyatu dengan alam. Untuk itu, jaga dan rawat tanaman ini dengan baik demi menjaga kelestarian alam.

“Diharapkan melalui menanam pohon dan merawat hutan dengan baik, nantinya akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Disamping juga untuk mengurangi resiko terjadinya bencana alam, pasalnya Kab. Pacitan termasuk wilayah rawan bencana”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *