Korem 121/Abw Lakukan Penghijauan Dilahan Bekas Tambang Emas Ilegal

(trisulanews.com) – Jajaran Korem 121/Alambhana Wanawai (Abw), beberapa waktu lalu melaksanakan penghijauan di lahan bekas tambang emas ilegal. Kegiatan yang juga melibatkan pemerintahan daerah setempat dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika ke-72 tahun 2017

Kegiatan penghijauan dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) Kolonel Czi Arnold A.P. Ritiauw mewakili Komandan Korem (Danrem) 121/Abw Brigjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M.,bertempat di Bandara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat.

Kasrem 121/Abw Kolonel Czi Arnold A.P. Ritiauw mengatakan bahwa kegiatan penghijauan yang dilaksanakan kali ini, merupakan gagasan Korem untuk mengajak semua elemen masyarakat Sintang menanam pohon Belian dan Trembesi yang merupakan pohon penghasil oksigen.

“Pohon tersebut juga sebagai peneduh dan menghasilkan kayu yang berkualitas. Penanaman pohon ini merupakan langkah yang sangat baik untuk penghijauan,” kata Kolonel Czi Arnold A.P. Ritiauw.

Kasrem 121/Abw Kolonel Czi Arnold A.P. Ritiauw menuturkan bahwa penanaman pohon yang dilakukan oleh jajaran Korem, tidak hanya di jalan masuk bandara Tebelian saja, tetapi juga di Kelurahan Sengkuang, Kecamatan Sintang, bekas tambang emas ilegal (PETI) yang sudah terbengkelai. “Kegiatan penanaman pohon di bekas galian tambang yang ada di Sintang dan sekitarnya, akan terus kita lakukan,” ucapnya.

“Dengan adanya penghijauan ini, semoga jalan masuk ke bandara Tebelian termasuk bekas tambang emas ilegal akan terlihat asri dan rindang. Disamping itu juga akan berdampak pada lingkungan hidup dan keindahan alam sekitar,” harapnya.

Sementara, Bupati Sintang yang diwakili Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Bapak Darmanata menyambut baik apa yang dilakukan pihak Korem 121/Abw, khususnya di Kabupaten Sintang. “Pemkab Sintang sangat mendukung dengan kegiatan penghijauan lingkungan sesuai visi dan misi Pemkab Sintang. Pihaknya berterima kasih kepada pihak TNI, dalam hal ini Korem 121/Abw dan jajarannya yang telah mencanangkan program penghijauan ini,” ujarnya.

Bapak Darmanata menyampaikan bahwa ini merupakan tugas bersama untuk mewujudkan Sintang terbuka hijau, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Sintang menciptakan daerah yang terbuka hijau.  “Hal ini perlu adanya kerja sama semua pihak untuk saling bahu-membahu demi kebaikan bersama salah satunya dengan budaya menanam pohon,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasiter Korem 121/Abw Kolonel Inf Jacky Aristianto, Dandim 1205/Stg, Kapolsek Sungai Tebelian, Forkopinda Sintang, Kepala Bank Mandiri, Ketua FKPPI Sintang dan para prajurit serta pelajar. (Pen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *