Kopassus Akan Libatkan Anjing Pelacak Temukan Korban Gempa Cianjur

Kopassus akan libatkan anjing pelacak untuk temukan korban bencana gempa bumi di Cianjur. Demikian pernyataan tersebut mengemuka dan disampaikan Kapen Kopassus Letkol Inf Marlon Silalahi melalui rilis kepada media hari ketiga perkembangan penanganan korban gempa Cianjur, “Kopassus Gelar dapur lapangan 24 jam di Cianjur”, Rabu (23/11).

Dalam keterangannya Letkol Inf Marlon Silalahi menjelaskan bahwa Kopassus sampai dengan hari ketiga ini terus membantu warga yang terdampak dalam evakuasi dan medis. Terkait dengan evakuasi, Marlon menginformasikan bahwa Kopassus akan mendatangkan anjing pelacak untuk mencari korban yang berada di reruntuhan.

Selain Kopassus, Yonif Raider 300 Brajawijaya Kodam III Siliwangi diketahui telah menerjunkan 3 ekor Anjing pelacak untuk membantu memudahkan pencarian korban bencana. Dengan dukungan tersebut alhasil ditemukan seorang korban laki-laki berumur 13 tahun yang tertimbun tanah longsor.

Diketahui anjing pelacak kerap dilibatkan dalam mencari korban bencana alam, terutama korban yang tertimbun tanah dan sejenisnya. Keterlibatan unsur satwa tersebut merupakan salah satu berbagai upaya mendukung percepatan evakuasi korban diberbagai bencana yang ada. (ef/fto.ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published.