Kolinlamil Ajak Pelajar Bela Negara

JAKARTAKomando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengajak para pelajar untuk sadar akan pentingnya bela Negara kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini disampaikan perwira Staf Potensi Maritim (Spotmar) yang menjadi inspektur upacara pada upacara bendera Senin SMKN 55 dan SMK Fajar Indah Pademangan, Jakarta Utara, Senin (3/12).

Upacara bendera merupakan salah satu program bela Negara sebagai upaya mempertahankan simbol Negara. Program bela negara yang dilaksanakan Staf Potensi Maritim Kolinlamil merupakan bagian dari program pembinaan ketahanan wilayah (bintahwil).

Upacara bendera sebagai upaya mempertahankan simbol negara. Sekolah melaksanakan setiap Seninjam 06.30 WIB ” kata Letkol Laut (KH) Subarja salah seorang Perwira Spotmar Kolinlamil yang menjadi inspektur upacara di SMK Fajar Indah Pademangan Jakarta Utara.

Selain itu dalam kesempatan tersebut, Perwira Spotmar Kolinlamil menyampaikan tentang hakekat bela Negara yang tumbuh dari sikap dan perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Hakekatnya bela Negara itu kesediaan berbakti kepada Negara dan kesediaan rela berkorban membela negara,” ungkapnya.

Kendati demikian, dengan kondisi sekarang ini masyarakat Indonesiakhususnya para pelajar saat ini perlu disadarkan kembali mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga Kolinlamil yang memiliki tugas pembinaan potensi kemaritiman khususnya pembinaan ketahanan wilayah turut terpanggil untuk membantu Negara dalam memberikan kesadaran tentang wawasan kebangsaan dan bela negara.

Kegiatan yang diikuti 130 pelajar SMK Fajar Indah ini juga didampingi para guru sekolah. Mereka terlihat bersemangat dalam mengikuti kegiatan upacara bendera dan program bela Negara dari Spotmar Kolinlamil.

Disamping itu juga Kolinlamil mengirimkan perwira Spotmar lain ke SMKN 55 Pademangan untuk melaksanakan program pembinaan ketahanan wilayah tentang wawasan kebangsaan dan bela Negara. Tim dipimpin Letkol Laut (KH) Wawan Supendi, S.E. dan didampingi Mayor Laut (KH) Umbarno, S.Pd., M.Pd. dan Mayor Laut (KH) Betu Harnoto memberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan bela Negara kepada 167 pelajar SMKN 55 Pademangan.

Program pembinaan ketahanan wilayah yang berkaitan langsung dengan penanaman nilai-nilai kebangsaan ini dengan sasaran dunia pendidikan sekolah, walaupun pelaksanaannya masih dalan lingkup kecil,” ujar Letkol Laut (KH) Wawan Supendi, S.E..  (Dispen Kolinlamil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *