Jelang Pengamanan Suronan, Personel Korem 081/DSJ Latihan PHH

Madiun, Puluhan personel Korem 081/DSJ mengikuti pelatihan penanggulangan huru-hara (PHH), bertempat di Halaman Makorem, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (19/8/2020).

Personel yang terlibat latihan itu merupakan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) yang disiapkan untuk membantu Kepolisian khususnya Polres Madiun Kota dalam rangka pengamanan kegiatan Suronan.

Pasilat Rem 081/DSJ, Kapten Inf Z.M. Hasan yang melatihkan PHH itu mengatakan bahwa, tujuan dari dilakukannya latihan itu adalah untuk menyegarkan kembali kemampuan pengamanan dan cara penanggulangan yang humanis, terhadap kemungkinan terjadinya aksi huru-hara di wilayah Korem 081/DSJ.

Ia menambahkan, jika memelihara kemampuan PHH merupakan bagian dari pelaksanaan tugas pokok TNI AD, untuk mendukung terwujudnya kondusifitas wilayah.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk antisipasi terjadinya aksi massa yang anarkis, sekaligus melindungi masyarakat dari akibat buruk yang ditimbulkan,” tegasnya.

Pasilat berharap, dari latihan PHH yang dilakukan itu, nantinya personel Korem 081/DSJ dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, jika nantinya diterjunkan langsung dalam menangani pengunjuk rasa, sehingga sesuai prosedur dan tidak berbuat arogan yang mengarah pada tindakan pelanggaran hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Seperti diketahui, khususnya di wilayah Kota Madiun, pada saat peringatan 1 Suro atau 1 Muharam pada kalender Islam, terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh berbagai macam Perguruan Silat yang menghadirkan jumlah massa cukup besar dan berasal dari berbagai daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *