Jaga Kesuburan Tanaman, Babinsa Desa Karangrejo Dampingi Petani Matun Padi

Tulungagung – Babinsa Desa Karangrejo Serka Totok anggota Koramil 0807/02 Boyolangu Kodim Tulungagung bersama petani membersihkan tanaman pengganggu tanaman padi (gulma) di lahan milik bapak Hadi Waloyo anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki warga Dusun Kandinan Desa Karangrejo Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Kamis (25/07/2019).

Selain menghilangkan tanaman pengganggu, kegiatan pembersihan rumput liar di sekeliling tanaman padi (matun) dapat menjaga kesuburan tanah di sekitar padi. Kegiatan matun padi ini merupakan suatu pekerjaan yang wajib dan rutin harus dilakukan saat pemeliharaan agar padi tumbuh dengan subur.

Babinsa sebagai ujung tombak terdepan di wilayah selalu bekerja dengan tulus dan bersinergi dengan pihak PPL untuk memaksimalkan target yang harus dicapai yaitu peningkatan hasil produksi pertanian. Dengan pendampingan matun padi kepada petani tersebut diharapkan dapat membantu perawatan padi agar tanaman padi dapat tumbuh dengan maksimal dan hasil panen petani akan melimpah.

Serka Totok menuturkan bahwa pelaksanaan pendampingan yang intensif dapat mengantarkan para petani dalam mencapai hasil yang maksimal saat panen sehingga ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Tulungagung dapat tercapai dengan sukses. Dengan kegiatan rutin matun padi para petani dapat menyuburkan tanaman padi demi peningkatan produksi pertanian.

“Kegiatan seperti ini rutin bagi para petani agar tanamannya tumbuh subur agar dapat membantu meningkatkan produksi pertanian.” tutup Babinsa Desa Karengrejo tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *