Guspurla Koarmada I TNI AL Gelar Latihan Gundala Sakti 21

Unsur-unsur TNI AL yang tergabung dalam Operasi Siaga Segara-21 Bawah Kendali Operasi (BKO) Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada I (Danguspurla Koarmada I) menggelar latihan setingkat L-3 dengan sandi “Gundala Sakti – 21” di Laut Natuna, Jumat (14/05/21)

Di tengah-tengah operasi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut,
unsur-unsur TNI AL yang terdiri dari KRI Usman Harun-359, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376, KRI Tjiptadi-381, KRI Imam Bonjol-383 dan Helikopter Panther HS-4209 mengikuti latihan yang dipimpin oleh Komandan Guspurla Koarmada I, Laksma TNI Dato Rusman SN.

Empat kapal perang andalan Koarmada I yang beroperasi di laut Natuna tersebut mengikuti materi-materi latihan yang telah direncanakan meliputi Leaving Harbour, Mine Field Transit Exercise, Tactical Manuever and Photo Exercise, Helly Operations, Anti Submarine Warfare Exercise, Life Firing Gunnery Exercise dan Boarding Exercise.

Komandan Guspurla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Dato Rusman SN. dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk mengasah profesionalitas sekaligus meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut dan kesiapan operasional alutsista yang tergabung dalam operasi Siaga Segara-21.

Lebih lanjut perwira tinggi (Pati) Bintang satu yang memimpin langsung operasi dan latihan di kapal markas KRI Usman Harun-359 tersebut, mengatakan bahwa kegiatan latihan ditengah-tengah pelaksanaan operasi ini telah sejalan dengan kebijakan pemimpin TNI AL dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, prajurit matra laut yang unggul. “Upayakan agar disela-sela pelaksanaan operasi, unsur-unsur juga melaksanakan latihan, baik secara individu maupun secara terpadu beberapa unsur, utamakan keselamatan personel dan materil dengan berpedoman pada standard operating procedure (SOP) yang ada, sehingga terwujud zero accident,” ungkap Laksma TNI Dato, mengutip instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang disampaikan dalam berbagai kesempatan.

Panglima Komando Armada I, Laksda TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M. mengapresiasi kegiatan latihan ditengah-tengah pelaksanaan operasi ini. Panglima Koarmada I juga kembali menegaskan bahwa, Koarmada I menggelar operasi sepanjang tahun di wilayah kerja Koarmada I, dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut yurisdiksi nasional. Oleh karena itu, setiap ada kesempatan latihan, sebisa mungkin dilaksanakan latihan, baik secara individu maupun terpadu beberapa unsur TNI AL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *