Dandim 1790/Yawa Sosialisasikan Fungsi TNI dalam Pendidikan Politik Masyarakat di Distrik Yawakukat

Yapen – Berlokasi di Kantor Distrik Yawakukat Kab. Kepulauan Yapen, Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H memberikan materi Fungsi TNI dalam Pendidikan Politik Masyarakat kepada seluruh Tokoh masyarakat dan aparat kampung yang ada di Distrik Yawakukat, Selasa (20/04/2021).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Kep. Yapen ini, secara resmi dibuka oleh Frans Sanadi, B.SC, S. Sos, MBA Wakil Bupati Kab. Kep. Yapen yang mengatakan,
“Agar seluruh tokoh masyarakat dan juga seluruh aparat kampung bisa menambah wawasan dan pemahaman politik sehingga empelementasinya benar benar ditaati serta berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku”.

Diawal pemberian materinya, Dandim 1709/Yawa menjelaskan, bahwa “TNI tidak berpolitik, dan TNI hanya menjalankan politik Negara, sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945, politik yang diabdikan pada tegak dan kokohnya NKRI yang didalamnya terbangun ketaatan pada hukum, yang selalu menempatkan kepentingan rakyat di atas kepentingan manapun, serta taat kepada atasan yaitu Presiden Republik Indonesia yang dipilih secara sah sesuai dengan konstitusi”.

Ditambahkannya, “TNI tetap berpegang teguh pada komitmen tidak berpolitik praktis, namun, di alam demokrasi TNI sebagai institusi yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam penyelenggaraan ketatanegaraan dituntut untuk mampu menyampaikan saran pendapat sebagai upaya nyata dalam partisipasinya terhadap negara dan bangsa guna melahirkan kebijakan-kebijakan politik negara yang akomodatif terhadap seluruh komponen bangsa”.

“Sebab itu, ditegaskannya kembali, bahwa sangat penting bagi TNI, bahwa memahami kepentingan politik negara sama sekali tidak berarti TNI menyentuh politik praktis, tetapi sebaliknya, TNI dalam menjalankan tugasnya sebagai alat negara di bidang pertahanan mengerti dengan jelas makna tugas menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi bangsa dan tumpah darah, hendaknya dipahami sebagai TNI mengemban amanat mengamankan kepentingan politik negara”, tegas Letkol Leon.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kakesbangpol Kab. Kep. Yapen Sonny Woria, Wakil Ketua II Fraksi Hanura DPRD Yapen Fridolin Warkawani, Danramil 1709-01/Yapen Selatan Mayor Inf Luther Ayomi, Sekretaris Kesbangpol Yapen
Yohanes Hugo, Kepala Distrik Yawakukat Drs. Paris Damanik, Sekretaris KPU Yapen Fredi The, S.H, para Kepala Kampung se-Distrik Yawakukat dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Wanita se-Distrik Yawakukat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *