Cek Kesiagaan Hari Raya Idul Fitri, Kasad Gelar Teleconference Satuan Kewilayahan

JAKARTA, trisulanews.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menggelar teleconference dengan Pimpinan Satuan Komando Kewilayahan jajaran TNI AD seluruh wilayah Indonesia, di ruang Pusat  Komando dan Pengendalian Operasi (Puskodalops) Mabesad, Jakarta Pusat, Jum’at (8/6/2018).

Digelarnya teleconference dalam rangka mengecek kesiapsiagaan satuan jajaran TNI AD dalam menghadapi pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah Tahun 2018 Masehi yang akan jatuh pada 15 – 16 Juni 2018 nanti.

Dalam percakapan, Pangkostrad, para Panglima Kodam (Pangdam), Danjen Kopassus, dan Gubernur Akmil melaporkan langsung kepada Kasad mengenai kesiapsiagaan satuannya.

Menanggapi laporan, Kasad meminta agar kondusifitas wilayah tetap terjaga, melalui komunikasi yang intens. Untuk pengamanan wilayah, Kasad meminta kepada para Pangkotama yang wilayahnya memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi untuk selalu siap  mengantisipasi perkembangan situasi yang terjadi dengan tidak mengurangi kesiapsiagaan operasional apabila kondisi tertentu membutuhkan kecepatan pengerahan personel pengamanan.

“Situasi dan kondisi mudik Idul Fitri ini terutama di wilayah yang warganya sebagian besar meninggalkan rumah-rumahnya untuk mudik ke kampung halamannya, agar diantisipasi peningkatan aksi kriminalitas dan supaya lebih meningkatkan kegiatan patroli ke pemukiman warga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama libur lebaran ini,” himbau Kasad kepada Kasdam Jaya. Hal ini terkait kondisi lengangnya Jakarta di masa libur lebaran.

Sementara kepada seluruh Pangkotama yang wilayahnya dilewati oleh arus pemudik, Kasad berharap agar satuan-satuan di wilayah tersebut menyiapkan posko-posko rest area bagi pemudik. “Misalnya di Kodim atau Koramil mendirikan tenda-tenda istirahat, penyiapan toilet layanan kesehatan dan juga dapat memberikan bantuan lainnya seperti minum dan snack,“ himbau Kasad.

Tingkat kesejahteraan dan pangan disinggung Kasad saat teleconfrence. “Saya minta kita membantu menjaga stabilitas harga sembako di pasaran, agar masyarakat tak terbebani dengan harga-harga barang yang naik jelang hari raya,” harap Kasad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *