Cegah PMK, Babinsa Koramil 0806/13 Dongko Aktif Lakukan Pengecekan Kesehatan Hewan Ternak Warga

Trenggalek – Antisipasi pencegahan penyebaran Penyakit Muluta dan Kuku (PMK) hewan ternak terus di gencarkan oleh Babinsa yang ada di Koramil jajaran Kodim 0806/Trenggalek.

Seperti hal yang dilaksanakan Babinsa Pandean Serda Warsono Koramil 0806/13 Dongko bersama Tiga Pilar dan Petugas Dinas Peternakan Trenggalek memeriksa kesehatan hewan ternak sapi milik Bapak Sumadi warga RT. 10 RW. 02 Desa Pandean, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Sabtu (09/07/2022).

Serda Warsono mengatakan, Pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung di lokasi.

Selain melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak Serda Warsono juga memberikan sosialisasi serta penyemprotan desinfektan di area kendang hewan ternak oleh Petugas Dinas Peternakan.

Serda Warsono berharap kepada seluruh warga untuk bekerja sama guna mencegah penyebaran virus PMK, sehingga di wilayah Kecamatan Dongko aman dari virus PMK.

Dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung Babinsa bersama Pilar Desa dan petugas gabungan, untuk hewan ternak sapi milik Bapak Sumadi semuanya dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kandang sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” pungkas Serda Warsono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *