Wujud Upsus Pertanian, Serda Zaenal Dampingi Petani Olah Lahan Sawah

Tulungagung – Babinsa Desa Kedungcangkring Serda Zaenal anggota Koramil 0807/15 Pagerwojo Kodim Tulungagung dampingi petani mengolah lahan sawah dan membuat pematang sawah di persawahan milik anggota Poktan Sri Wigati Dusun Gempol Desa Kedungcangkring Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Rabu (09/01/2019).

Babinsa selalu membantu dan mendampingi petani dalam kegiatan pertanian di desa binaan. Hal tersebut secara intensif terus dilakukan untuk mensejahterakan para petani dan mendukung suksesnya program pemerintah tentang swasembada pangan nasional.

Pengolahan lahan dilakukan dengan membalik tanah dari lapisan bawah ke permukaan tanah dengan tujuan agar terjadi proses pertukaran aliran udara dan air dapat meresap masuk dan sinar matahari langsung masuk ke dalam tanah.

Serda Zaenal juga mengolah tanah sawah yang ada disekitar pematang sawah agar dapat optimal kembali. Pematang sawah atau galengan sawah berfungsi sebagai pembatas petak sawah dan sekaligus sebagai jalan alternatif bagi petani untuk mengurus sawah mereka.

Menurut Serda Zaenal, kegiatan pagi ini merupakan salah satu wujud kegiatan upaya khusus pendampingan kepada petani untuk mendukung program swasembada nasional khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung.

“Kegiatan ini salah satu wujud upaya khusus pendampingan kepada petani yang saya lakukan sebagai dukungan untuk program swasembada nasional.” tutup Serda Zaenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *