Wujud Peduli, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan,Gotong Royong Bersihkan Material Longsor.

Pacitan – Tanah longsor yang menutup ruas jalan menuju arah Tulakan – Pacitan dan sebaliknya, sempat menghambat pengguna jalan yang melintas.Hal itu disebabkan karena hujan deras yang mengguyur wilayah Pacitan tadi malam.

Menyikapi kejadian tersebut sehingga, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan bersama BPBD, Damkar, dan Instansi terkait, bergerak cepat untuk melakukan penanganan, dengan membersihkan material tanah longsor serta mengatur arus lalu lintas demi kelancaran pengendara yang melintas, Senin (7/11/2022).

Saat dikonfirmasi awak media di lokasi, Sertu Agus Sukamto mengatakan bahwa, sebagai Babinsa dirinya selalu memantau dan monitoring wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, apalagi saat sekarang musim penghujan, sehingga apabila terjadi bencana alam dapat bergerak cepat untuk melakukan penanganan.

“Dalam melakukan penanganan bencana alam, kami selalu berkoordinasi dengan Instansi terkait.Saat ini kami masih berupaya membersihkan material tanah longsor yang menutup ruas jalan dengan 1 unit alat berat dan mobil pemadam kebakaran, agar jalan dapat segera dilewati”, ujar Babinsa saat berada di lokasi.

Demi menjaga keamanan dan keselamatan para pengguna jalan, pihaknya juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk tetap waspada dalam beraktifitas, karena jalan masih licin akibat sisa longsoran.

“Kami mengimbau kepada warga untuk lebih waspada, perhatikan keadaan lingkungan sekitar, terutama daerah-daerah yang rawan longsor karena menurut BMKG, curah hujan dalam beberapa hari ke depan masih tinggi”, tutur Babinsa kepada awak media.

Kegiatan kerja bakti merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, utamanya dalam penanganan bencana alam. Melalui kegiatan ini harapannya dapat meningkatkan sinergitas antara TNI dengan Instansi terkait, dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *