Uji Ranpur Yonranratfib 2 Mar Jelang Latgab TNI 2019

Surabaya, Memasuki hari ke dua kegiatan uji arung kendaraan tempur (Ranpur) Batalyon Ranratfib 2 Mar (Yonranratfib 2 Mar) melibatkan ranpur jenis BTR 50 PK dan BTR 50 PM dalam rangka menghadapi latihan gabungan TNI tahun 2019, merupakan tolok ukur guna memastikan kemampuan Ranpur mengarungi laut yang dilaksanakan di dermaga Satuan Amfibi (Satfib) Koarmada II, Ujung, Surabaya, Rabu (14/08/2019).

Pada kegiatan uji arung Ranpur di laut hari kedua tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Yonranratfib 2 Mar Mayor Marinir Iwan Permana, S.H., M.Tr.Opsla. Tiap-tiap crew ranpur secara berurutan melaksanakan uji ranpur melaut untuk mengetahui sistem kekedapan dan sistem gerak ranpur pada saat di air meliputi uji sistem panel maritim, handle darat laut, handle kemudi laut, pompa kuras mekanik, pompa kuras elektrik (pompa bath dan pompa hull), pompa tangan, waterjet propeller dan sutter yang sistem kerjanya digerakan oleh inner reduction gear melalui engine transmission guna memastikan sistem bekerja dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Danyon Ranratfib 2 Mar menyampaikan bahwa prajurit Yonranratfib 2 Mar perlu memahami untuk tidak henti-hentinya untuk terus berlatih dan menyiapkan Ranpur yang dimiliki ini agar selalu siap kapan dan dimanapun ranpur tersebut dibutuhkan.

Lebih lanjut Danyon Ranratfib 2 Mar juga menekankan agar uji arung ini dilaksanakan secara serius dan penuh rasa tanggung jawab, mengingat kendaraan amfibi merupakan tumpuan bagi suksesnya operasi amfibi maupun operasi-operasi lainnya yang diberikan oleh Satuan tugas TNI AL khususnya menghadapi Latgab TNI 2019 mendatang.

“Syarat utama ranpur dinyatakan siap melaksanakan latihan maupun penugasan bila telah melalui beberapa tahap uji kesiapan di laut salah satu diantaranya yaitu uji arung yang menuntut ranpur mampu bermanuver di laut dengan mobilitas tinggi”, tegasnya.

Hadir meninjau dalam kegiatan uji arung tersebut, Pengawas evaluasi (Wasev) Latgab TNI 2019 Kolonel Sumadi, Kolonel Agus Priyatna, Kolonel Andri B, Danmenkav 2 Mar Kolonel Mar Arif Handono,S.A.P, Asops Pasmar 2 Kolonel Mar Eddy Prayitno, Aslog Pasmar 2 Kolonel Mar Maftukin, Wadanmenkav 2 Mar Letkol Mar M. Rizal, Pasops Danmenkav 2 Mar Letkol Mar Tommy Dwijanto, Paslog Danmenkav2 Mar Letkol Mar La Ode Jimmy Herizal.R, Danyontankfib 2 Mar Mayor Mar Jumarlang  dan Danyonkapa 2 Mar Mayor Mar Jaka Sulistiana Putra. (pen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *