Siswa SDN 1 Pakunden Gelar Penempuhan TKU di Kodim 0802/Ponorogo

Ponorogo,- Sebanyak 160 siswa SDN 1 Pakunden Ponorogo hari ini melaksanakan kegiatan penempuhan Tanda Kecakapan Umum (TKU) bagi para Pramuka Tingkat Siaga dan Penggalang bertempat di Kodim 0802/Ponorogo, Sabtu (10/12/2022).

Para siswa SDN 1 Pakunden Ponorogo yang diikuti oleh 15 guru pendamping tersebut diterima oleh Bati Komsos Sterdim 0802/Ponorogo, Peltu Hermawan dan Pamong Saka Wira Kartika Kodim 0802/Ponorogo, Serda Darmanto dan 5 orang anggota Pamong Saka Wira Kodim 0802/Ponorogo.

Bati Komsos Sterdim 0802/Ponorogo yang mewakili Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S. Sos. M. Han. saat memberikan testimoni terkait kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada SDN 1 Pakunden Ponorogo yang telah memberi kepercayaan Kodim 0802/Ponorogo sebagai tempat penempuhan TKU bagi para siswanya.

“ Hari ini Kodim 0802/Ponorogo kedatangan siswa SDN 1 Pakunden Ponorogo bersama para guru pendamping dalam rangka kegiatan penempuhan Tanda Kecakapan Umum bagi para Pramuka tingkat Siaga dan Penggalang. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami Kodim 0802/Ponorogo dipercaya sebagai Pembina adik – adik dari SDN 1 Pakunden, “ katanya.

Sementara Deni Akhyar S.Pd. selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan dari SDN 1 Pakunden kepada Media Center 0802 mengatakan bahwa dengan digelarnya kegiatan di Kodim 0802/Ponorogo bertujuan agar para anak didiknya bisa menjadi siswa yang terampil, cakap dan berdisiplin tinggi.

“ Harapannya anak – anak mampu, cakap serta trampil menjadi angota Pramuka yang dapat mengaktualisasikan ke dalam kehidupan sehari – hari baik di rumah, masyarakat dan lingkungan lainnya, “ ujar Deni Akhyar S.Pd.

Selanjutnya dia berharap bahwa kerja sama antara Kodim 0802/Ponorogo dan SDN 1 Pakunden tidak sebatas hari ini saja melainkan bisa berlanjut terus pada program – program yang lain. “ Kedepannya tidak hanya pada kegiatan ini saja mungkin di kegiatan lingkup sekolah maupun kegiatan pengabdian masyarakat dan sebagainya, “ harapnya.

.Adapun pos ujian dalam rangka penempuhan Tanda Kecakapan Umum (TKU) bagi para Pramuka SDN 1 Pakunden Ponorogo antara lain : Pos 1 dengan materi Uji pengetahuan Dasar Pokok Pramuka, pos 2 Uji kemampuan Meraba dan mencium seta pengambilan Badge TKU, pos 3 materi Uji pengetahuan Lagu Daerah, Lagu Nasional dan PBB, pos 4 materi Pionering dan pengumpulan tugas sandi Morse serta pos 5 dengan materi Uji Halang rintang, Ketangkasan dan pengumpulan peserta.(MdC0802)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *