Sertifikasi Kendaraan Tempur KAPA K-61 Batalyon Kapa 2 Marinir

Surabaya, Guna meningkatkan fungsi dan kelayakan Kendaraan tempur (Ranpur) dalam menunjang pertempuran Korps Marinir TNI AL, Sebanyak 2 Unit Ranpur KAPA K-61 melaksanakan sertifikasi uji darat dan uji kedap oleh Tim Dislaikmatal di Kolam Rampa Karangpilang Surabaya, Jawa Timur. Senin (31/01/2022).

Sertifikasi Kendaraan Tempur KAPA K-61 TA. 2022 bertujuan mengecek dan memastikan kesiapan Ranpur dengan tidak mengabaikan bagian terkecil untuk mendapatkan sertifikat layak operasional baik di darat maupun di laut.

Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir Letkol Mar Yudha Fahruliyan, S.H., M.Tr.Opsla., menyampaikan, perawatan yang maksimal merupakan syarat mutlak dalam kesiapan operasional Kendaraan tempur, seperti halnya pada (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri) KAPA K-61, Ranpur yang dipergunakan untuk mengangkut senjata bantuan Artileri saat melaksanakan Pendaratan Amfibi oleh Korps Marinir TNI AL, juga dapat dipergunakan untuk mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP), walaupun usia Ranpur yang sudah tidak muda lagi namun performa kendaraan masih layak dioperasionalkan, hal tersebut tak terlepas dari pemeliharaan dan perawatan yang rutin dilaksanakan.

Dengan diadakan sertifikasi di Karangpilang ini, diharapkan seluruh Kendaraan tempur Batalyon Kapa 2 Marinir dinyatakan siap dan layak untuk mendukung tugas-tugas pokok Satuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *