Serda Surani Dampingi Petani Tanam Benih Padi Ciherang

TULUNGAGUNG – Babinsa Desa Ngranti Serda Surani anggota dari Koramil 0807/02 Boyolangu Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian menanam padi di lahan sawah milik Bapak Yamto anggota Kelompok Tani Bangun Harjo warga RT 01 RW 02 Dusun Miren 1 Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Senin (11/02/2019).

Pada pagi hari ini, benih yang menjadi pilihan para petani adalah jenis Ciherang. Penanaman oleh Babinsa dan anggota Poktan Bangun Harjo kali ini dilakukan di sawah seluas 250 are dan sesuai dengan MT-1 tahun 2019.

Metode yang dipakai untuk menanam benih adalah sistem tanam jajar legowo yang dipercaya dapat meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.

Serda Surani berharap keterlibatannya dalam pertaniaan warga binaan mampu membantu meningkatkan hasil panen para petani. Tentunya masih dibutuhkan proses yang masih panjang usai menanam padi hingga proses panen kelak.

“Setidaknya proses awal budidaya padi telah dilalui, tinggal perawatan yang rutin hingga waktu panen yang akan datang.” tutup Serda Surani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *