Perwira dan PNS Mako Kormar Ikuti Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas

Jakarta, Segenap Perwira dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) mengikuti Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) di Gedung Graha Marinir, Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No.40 Jakarta Pusat, Senin (02/03/2020).

Kegiatan Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Paban Binsis Srena Kormar Letkol Marinir Adi Suko Raharjo. Dalam paparannya Paban Binsis Srena Kormar menyampaikan bahwa Kegiatan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas tersebut bertujuan untuk menciptakan Birokrasi Pemerintah yang profesional dengan karakteristik, terintegritas, bebas dan bersih dari KKN, mampu melayani publik, netral, berdedikasi serta memegang teguh nilai-nilai dasar kode etik aparatur Negara.

Dalam membangun zona integritas diperlukan satu presepsi dan pemahaman seluruh perwira, bintara, tamtama dan PNS Mako Kormar dalam membangun zona integritas, sedangkan dasar yang dipakai sebagai pedoman yaitu PERMENPAN No.52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kemudian Perpang TNI No. 65 tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di lingkungan TNI. Serta ST Dankormar No.210 tahun 2019 tentang organisasi pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Korps Marinir.

Lebih lanjut, dikatakan, pembangunan zona integritas di Mako Kormar ada empat tahapan yang dilaksanakan yaitu penandatanganan dokumen fakta integritas, pencanangan pembangunan zona integritas, pemilihan unit kerja yang berpotensi serta penetapan unit kerja apabila memenuhi syarat.

Dari beberapa Satker Mako Kormar yang dibentuk untuk tahun 2019 adalah Mako Kormar dan Rumkitalmar Cilandak yang diusulkan sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini Mako Kormar selaku Perwakilan Satker Zona Integritas (ZI) yang akan dibangun dan diajukan untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani bisa terwujud,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri kegiatan sosialisasi Paban Binsis Srena Kormar membuka tanya jawab kepada seluruh Perwira dan PNS Mako Kormar. Usai sesi tanya jawab kegiatan sosialisasi ditutup dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *