Panglima TNI dan Pangab Singapura Pimpin Sidang CARM Indosin HLC Ke-21

SINGAPURA, trisulanews.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P bersama Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Letjen Melvyn Ong memimpin sidang Combined Annual Report Meeting Indonesia-Singapore High Level Committee (CARM Indosin HLC) ke-21 tahun 2018 di Leo Ballroom, Marina Mandarin Hotel, Singapura, Selasa (10/7).

Dikesempatan itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto selaku Ketua Delegasi Indonesia, menyampaikan bahwa Indonesia dan Singapura telah membina hubungan diplomatik lebih dari setengah abad. TNI dan SAF, juga telah melaksanakan kerja sama, khususnya di bidang latihan sejak tahun1974. Pertemuan tahunan kedua Angkatan Bersenjata yang diawali pada tahun 1997 dengan sebutan “The Report to Pangab-CDF” pada tahun 2007, sebutan tersebut berubah menjadi Combined Annual Report Meeting (CARM) sebagai hasil pertemuan pimpinan kedua negara di Bali dan selanjutnya pada tahun 2012 hingga sekarang kita sepakati sebutan CARM Indosin HLC.

Selanjutnya Panglima TNI menyampaikan untuk mengenang kerja sama strategis tersebut, kedua pihak telah merayakan peringatan ke-50 hubungan diplomatik dan peringatan ke-20 kerja sama antara TNI dan SAF yang kita dengungkan bersama sebagai slogan kebersamaan “50 dan 20 RI-SING pada tahun 2017 lalu, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberi apresiasi kepada para senior yang telah merintis terwujudnya sarana bagi kedua pihak untuk bertemu secara rutin, membahas kegiatan secara rinci, menjajaki berbagai inovasi baru dalam peningkatan hubungan kerja sama, dan merencanakan sejumlah kegiatan yang bersifat strategis dan komprehensif dengan lebih baik.

Terkait kerjasama bilateral, Panglima menyatakan kerja sama bilateral antara TNI dan SAF melalui forum tahunan CARM Indosin HLC merefleksikan wujud interaksi yang komprehensif.  Untuk itu, TNI memandang perlu dilakukan langkah-langkah produktif dan konstruktif dalam meningkatkan kemitraan militer regional yang lebih signifikan guna membantu perwujudan suatu arsitektur keamanan regional yang komprehensif. Selain itu diharapkan akan mampu menciptakan kawasan ASEAN yang lebih kondusif, damai, stabil dan sejahtera.

Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mendorong semua Komite HLC untuk terus menjajaki terobosan-terobosan inovatif yang strategis. Terobosan itu akan meningkatkan kualitas setiap bidang kerja sama sehingga meningkatkan profesionalisme kedua Angkatan Bersenjata dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi.

Dalam kesempatan yang sama,Pangab Singapura Letjen Melvyn Ong menyampaikan bahwa kunjungan Panglima TNI beserta Delegasi TNI dalam Sidang ke-21 CARM Indosin HLC merupakan suatu kehormatan bagi Singapura dan pertama kali menjadi Ketua Bersama dalam CARM Indosin HLC.

Lebih lanjut Letjen Melvyn Ong juga menyampaikan bahwa kerja sama antar Indonesia dan Singapura mencerminkan semangat gotong royong antar kedua negara yang bertetangga serta bersahabat.

Delegasi Singapura yang hadir pada CARM Indosin HLC, diantaranya Pangab Singapura Letjen Melvyn Ong,  Chief of Staff Joint Staff Brigjen Kelvin Khong, Director Military Intelegence Brigjen Ng Chad Son,Director Joint Operation Brigjen Tan Chee Wee, Director Joint Logistic And Head Joint Man Power Colonel Terry Tan, Athan Singapura untuk Indonesia Colonel Lam Chee Yuong.

Delegasi Indonesia, Asintel Panglima TN Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., Aslog Panglima TNI Laksda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M., Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Waasops Panglima TNI Marsma TNI M. Khairil Lubis dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han).

Sidang ke-21 CARM Indosin HLC diakhiri dengan penandatangan dokumen hasil sidang dan penandatangan kerja sama Mutual Logistic Support Arrangement (MLSA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *