Marinir, Laksanakan Latihan Kemampuan Kolatmar TA 2020

Pasuruan Memasuki minggu kedua kegiatan Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Kolatmar tahun 2020 memasuki kelas terpisah terbagi menjadi 6 kelas Spesialisasi Pelatih sesuai profesi dan kemampuan Pelatih, Rabu (22/01/2020).

Perwira Pelaksana latihan (Palaklat) Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Kolatmar tahun 2020 Letkol Mar Budi Atmuko (Danpuslatpasrat) Menjelaskan bahwa pada tahapan ke II ini, peserta dipisahkan menjadi 6 kelas profesi yaitu kelas pelatih Operasi Amfibi, kelas pelatih Operasi Darat, kelas pelatih IMMP, kelas pelatih Mauntainnering kelas pelatih Menembak, dan kelas pelatih Senbanif. Untuk setiap kelas pelatih terdiri dari 25 peserta/siswa.

Pada tahap II ini pembelajaran dan pemberian materi adalah dengan pemahaman dan pendalaman teori di kelas dilanjutkan dengan aplikasi lapangan dengan drill kering disetiap materi. Pada tahap ini para peserta juga diberikan bekal pelajaran khusus tentang ilmu Kesehatan dan Psyikologi dalam kelas gabungan. Adapun pelajaran yang terlaksana pada tahap II saat ini.

Kelas Pelatih Operasi Amfibi pendalaman teori dan drill kering : pelajaran melaksanakan penyiapan PK dan mopel, peran peninggalan, keluar masuk ranfib dan pengetahuan raid amfibi. Sebagai instruktur kelas Pelatih Opfib Mayor Mar Sumaryanto.

Kelas Pelatih Operasi Darat pendalaman teori dan drill kering GMUK, patroli penyelidik dan tempur, serangan dan pertahanan. Sebagai instruktur kelas Pelatih Oprat Letkol Mar Widarta.

Kelas Pelatih IMMP melaksanakan pembelajaran ilmu pengetahuan tentang peta, mencari lembar peta, ilmu medan, reseksi/interseksi dan ikhtilaf/deklinasi. Sebagai instruktur Letnan Dua (CTP) Rahmadhan Edi S dari Dinas Topografi Kodam V Brawijaya dan intruktur pendamping Kolatmar Mayor Mar Rokhman Efendi.

Kelas Pelatih Mountainnering pembekalan teori pengenalan secara umum, pemeliharaan alat alat, tali temali, tehnik panjat tebing dilanjutkan drill ipam helly repling dan seat helly repling. Sebagai instruktur Mayor Mar Venny T.

Kelas Pelatih Menembak pembelajaran dan pendalaman teori dan drill kering penggunaan senjata SS1, sikap sikap dalam menembak, koreksi elevasi deplesi, gambar bidik, triangulasi, tembak Lorong, jam dan jarak, menembak tempur ofensif (TTO), menembak tempur defensive (TTD), menembak tempur timbul tenggelam (TTI) dengan instruktur Mayor Eko Basuki.

Kelas senbanif pelajaran yang telah dilaksanakan adalah pendalaman teori dalam pelaksanaan membuat rencana lapangan menembak mortir, pengenalan senjata Mortir dan GPMG, tehnik menembak mortir, mengatasi gangguan mortir dan taktik menembak GPMG dengan instruktur Mayor Mar Yusbiantoro..

Pada pelaksanaan tahap II ini dilaksanakan kelas Gabungan untuk seluruh peserta Latihan dalam pelajaran pembekalan ilmu Psykologi tentang Psykologi motivasi dan psykologi kepelatihan. Sebagai instruktur Letkol Laut (T) Mawi Utomo. Kelas gabungan jasmani yaitu cabang olahraga renang melaksanakan teori lapangan teknik berenang dilanjutkan dengan melaksanakan drill basah water trapen, renang dasar 25 meter, 50 meter dan pengambilan waktu untuk tiap peserta. Sebagai instruktur Mayor Mar Abdillah

Tahap ke II Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan ini bertujuan untuk mempertajam dan meningkatan kemampuan pelatih sesuai profesi pelatihan masing-masing peserta, guna untuk menyiapkan peserta dalam memasuki tahap ke III nantinya yang merupakan program pematangan dan pemantapan kemampuan kepelatihan denga dilaksanakan praktek melatih di lapangan yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *