KPU Kota Madiun Berikan Sosialisasi Pada Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

MADIUN, Sukseskan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tahun 2019 agar aman dan kondusif. Korem 081/DSJ menggelar Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019, bertempat di Halaman Makorem 081/DSJ, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/2/19).

Dalam pelaksanaan latihan itu, Korem 081/DSJ juga turut menghadirkan narasumber dari KPU Kota Madiun Sasonggko, S.E., M.Si. untuk memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan Pileg dan Pilpres.

Dalam sosialisasinya, Sasongko menyampaikan tentang mekanisme dan sistem informasi penghitungan suara (Situng). Menurutnya, Perbedaan 2014 dengan 2019 adalah 2014 pileg dan pilpres-nya terpisah, tapi kali ini akan langsung serentak, sehingga form C1 untuk pileg dan pilpres itu langsung semua akan kami scan bersamaan.

Ia menjelaskan, mekanisme pemindaian C1 dilakukan di tingkat kecamatan dan kabupaten. Setelah dipindai, data dari C1 akan dipublikasikan melalui situng. Dari situ, masyarakat dan pihak-pihak yang terlibat langsung proses pemilu akan mudah mendapatkan informasi.

Sementara itu, Pasilat Rem 081/DSJ Mayor Inf Wiyono mengatakan, pihaknya sengaja menghadirkan narasumber dari KPU Kota Madiun adalah untuk memberikan pengetahuan kepada anggota, agar mereka mengetahui berbagai pentahapan dalam penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019.

“Dengan kita mengetahui hal itu, tentu akan dapat membantu tugas kita dalam mensukseskan dan mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai,” ungkapnya.

Pada Latihan Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019, selain diikuti oleh jajaran Korem 081/DSJ, juga melibatkan beberapa satuan, seperti Yonif Mekanis 521/DY, Polres Madiun Kota dan Brimob dari Detasemen C Pelopor. (pen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *