Korps Marinir Panen Raya Jagung dengan Poktan Ciwalen Sebagai Rangkaian Serter TNI Korps Marinir

Bogor, Aspotmar Dankormar Kolonel Marinir Raja E. Girsang, S.E., M.M., diwakili
Paban Bintahlil dan Wiltas Spotmar Kormar Letnan Kolonel Marinir Idha M. Basri, S.E., M.M., pimpin panen raya jagung di Desa Sukaresmi, Kecamatan Cipanas, Bogor. Selasa baru baru ini.

Kegiatan bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Ciwalen Desa Sukaresmi tersebut, sebagai rangkaian kegiatan Serbuan Teritorial (Serter) TNI Korps Marinir dan merupakan program dari pemerintah. Panen Raya ini akan dilaksanakan setiap hari selama kurang lebih satu bulan lamanya sampai dengan seluruh tanaman jagung selesai di panen.

Dengan lahan seluas kurang lebih 4 Hektar Panen Raya Jagung ini diperkirakan akan mampu menghasilkan jagung sebanyak 40 sampai dengan 45 ton. Kegiatan ini sebagai bukti bahwa dengan adanya kemanunggalan TNI khususnya Korps Marinir, dengan masyarakat mampu memberikan sebuah harapan baru bagi masyarakat sekitar desa Sukaresmi Kecamatan Cipanas di tengah wabah pandemic Covid – 19 yang sampai dengan saat ini dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

Korps Marinir dengan Poktan Binaan mampu untuk mengolah dan menyulap lahan dengan luas kurang lebih 4 Hektar yang merupakan lahan tidur dan penuh dengan semak – semak dimanfaatkan untuk dijadikan lahan pertanian dengan ditanami tanaman jagung. Panen Raya yang dimulai hari selasa kemarin merupakan tahap awal setelah menunggu tiga bulan lamanya dari masa tanam.

Dalam keterangannya Paban Spotmar menyampaikan bahwa,“Salah satu langkah mengantisipasi dari dampak Covid-19 di bidang perekonomian, adalah program ketahanan pangan sesuai dengan program komando atas dengan tetap menjaga pelestraian alam. Ini adalah salah satu bukti kemanunggalan Korps Marinirsebagai bagian dari TNI AL dalam memulihkan kondisi perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Panen Raya ini diharapkan terus berlanjut“.

Program SERTER TNI Korps Marinir dalam rangka Ketahanan Pangan ini, ternyata telah mendapatkan hati ditengah masyarakat, terlihat dari motivasi dan semangat dari para petani atau Poktan Ciwalen dimulai dari pekerjaan awal membabat lahan atau hutan sampai dengan pengolahan lahan, dan pada tahap awal ini mereka telah merasakan jerih payah mereka selama kurang lebih 4 bulan. “Program ini akan berkelanjutan dan terus dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Poktan Binaan Korps Marinir “ ujar Letkol Mar Idha.

Turut hadir dalam acara Panen Raya ini adalah Paban Bakti TNI Spotmar Kormar Mayor Marinir Boston R. Sihotang, Paban Komsos Spotmar Kormar Mayor Marinir Moh. Jakfar Rosi K., Ketua Poktan Ciwalen desa Sukaresmi Bapak Andi Mawardah serta Perwakilan dari perusahaan Daily Food Fresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *