Kasal Optimalkan Satuan Tempur dan Keamanan Laut

Jakarta, (trisulanews.com) Kini keamanan dan penegakan hukum laut NKRI semakin solid. Hal ini terwujud  saat Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.A.P mengoptimalkan unsur unsur satuan tempurnya dibeberapa wilayah NKRI.

Untuk itulah Kasal membentuk Staf Potensi Maritim Komando Utama TNI Angkatan Laut dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut diantaranya, Pembentukan Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kotama : Spotmar Komando Armada RI Kawasan Barat dan Timur Spotmar Komando Lintas Laut Militer Spotmar Korps Marinir.

Selanjutnya dibentuk juga Direktorat Potensi Maritim Pusat Hidrografl dan Oseanograa TNI Angkatan Laut dan Pembentukan Staf Potensi Maritim Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut.

Dalam hal ini Kasal menerangkan bahwa fungsi dan tugas satuan ini adalah untuk mengoptimalkan keamanan dan menegakan hukum laut Indonesia.

“Kehadiran satuan ini dapat mengoperasikan keamanan dengan mengantisipasi keamanan laut. Lantamal kini akan diperkuat dengan kapal kapal patroli manuver tinggi. Ini untuk menjaga kesiapsiagaan operasi gerak cepat”, tutur Kasal usai upacara militer peresmian Spotmar Kotama dan Spotmar Lantamal, dan Satrol Lantamal di Dermaga Sunda, Pondok Dayung Jakarta Utara, (22/01).

Untuk itu sambungnya, ia berharap satuan satuan ini mampu memproyeksikan kekuatannya merespon kerawanan, seperti illegal fihising dan kerawanan laut lainnya. Bahkan, mendukung operasi penyelamatan seperti bencana alam.

Dikesemptan itu Kasal juga menyampaikan bahwa pembentukan satuan ini telah direstui oleh Presiden. Satuan satuan ini juga sebagai bentuk efisiensi operasi diperairan NKRI. Hal lainnya pembentukan satuan ini juga menyikapi pengaruh ancaman yang semakin kompleks, ucap Kasal. (ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *