HUT ke 52 Basarnas, Kabasarnas : Semakin cepat kita bergerak, penyelamatan nyawa korban semakin tinggi

Jakarta, Basarnas terus berupaya mempertahankan kinerja profesionalisme dalam melayani dan membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana. Sikap profesionalisme itu akan terus dipertahankan melalui berbagai aksi baik itu simulasi, latihan dan lain sebagainya. Demikian hal itu ditegaskan Kepala Basarnas Marsdya TNI Kusworo usai memimpin upacara HUT ke 52 Basarnas di Kantor Pusat Basarnas, Jl. Angkasa Blok B 15 Kav. 2-3, Kemayoran, Jakarta. (29/2)

“52 tahun sudah pengabdian Basarnas kepada masyarakat. Selama lebih dari setengah abad pengabdian tersebut Basarnas terus selalu meningkatkan dan mengoptimalkan dedikasi dan kapabilitasnya dengan cara gelaran simulasi, latihan berkelanjutan hingga menyelenggarakan bimbingan teknis. Langkah dan upaya tersebut terus dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja profesionalime membantu penanganan dampak bencana baik itu didalam dan luar negeri”, terang Kabasarnas.

Lebih lanjut dikatakan, merespon kecepatan penyelenggaraan SAR Basarnas telah menyediakan layanan panggilan melalui nomor telepon 115, stand by 24 jam penuh. Dengan tersedianya layanan tersebut nantinya Basarnas lebih cepat bergerak. “Basarnas harus cepat, tepat, dan terukur sesuai standart operating procedure yang ada. Semakin cepat kita bergerak, maka kemungkinan dapat menyelamatkan nyawa korban akan semakin tinggi,” tutur Kusworo.

HUT ke 52 tahun ini Basarnas mengusung tema “Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa”. Adapun makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah kecepatan dalam penyelenggaraan SAR. Sedangkan “satu jiwa satu rasa” adalah semangat kebersamaan baik di internal Basarnas maupun dengan Potensi SAR yang mendukung tugas-tugas Basarnas.

HUT tahun ini Basarnas juga menggelar berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan rapat kerja nasional, bhakti sosial berupa donor darah dan pemberian santunan, penganugerahan penilaian kinerja kepada unit pelaksana teknis (kantor SAR), berbagai perlombaan internal, dan lain lain. (ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *