Hindari Banjir Musim Penghujan, Sertu Zaenal Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi

Tulungagung – Di musim penghujan, peran saluran air sangat krusial. Oleh karenanya, penting bagi masyarakat untuk memahami manajemen air hujan agar tidak terjadi banjir karena hujan bukanlah musibah, tapi rahmat yang harus dikelola secara tepat. Untuk itu agar saluran irigasi menjadi optimal, Sertu Zaenal Arifin bersama Pemdes dan masarakat Desa Kiping melaksanakan kegiatan kerja bhakti membersihkan saluran irigasi di Desa Kiping Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Jawa timur, Minggu (12/12/2021).

Saluran irigasi memiliki manfaat untuk menampung dan mengalirkan air di musim penghujan. Sungai yang sudah tidak memiliki kemampuan untuk mengalirkan air hujan akan mengakibatkan terjadinya banjir pada wilayah bantaran sungai. Perbaikan saluran irigasi warga ini merupakan salah satu wujud nyata kegiatan kerja bakti yang dapat dilakukan sebagai antisipasi resiko yang mungkin timbul saat turunnya hujan.

Sertu Zaenal mengungkapkan kerja bakti bersama komponen masyarakat seperti ini diharapkan dapat memupuk semangat gotong royong yang kini kian memudar serta meningkatkan kebersamaan antara TNI dan komponen masyarakat lainnya sehingga akan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kita gugah kembali budaya gotong royong di masyarakat, sekaligus memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat.” ungkap Sertu Zaenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *