Dankormar Hadiri Pelepasan Satgas Latma Rimpac 2018

SURABAYA, trisulanews.com – Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) menghadiri upacara pelepasan Satgas Latihan Bersama Mulirateral The Rim Of The Pacific (Rimpac) 2018 oleh Kepala Satf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di dermaga Madura Mako Armada II Ujung, Surabaya, Rabu (30/05/2018).

Dalam amanatnya, Kasal mengatakan, tujuan TNI AL melaksanakan Latma Multilateral Rimpac 2018 yaitu untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama antar negara peserta, meningkatkan eksitansi TNI AL dalam hubungan militer internasional, meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit TNI AL dalam pelaksanaan operasi latihan bersama dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, serta meningkatkan kemampuan operasi laut berkaitan dengan dukungan logistik tempur.

Sebelum dilaksanakan upacara pelapasan oleh Kasal, seluruh peserta latihan mendapat pengarahan dari Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Toufiquroechman di KRI Makassar yang sandar di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya.

Usai upacara pelepasan, Komandan Korps Marinir berpesan kepada seluruh prajurit agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dengan selalu mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan, mengambil nilai-nilai positif dari setiap kegiatan latihan sehingga bisa bermanfaat bagi Korps Marinir TNI AL, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu menjaga nama baik Korps Marinir, TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara.

Selain Dankormar, hadir pula Komandan Korps Marinir juga dihadiri pejabat Korps Marinir yaitu Komandan Pasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, Paban Opslat Sops Pasmar-2 Letkol Mar Rivelson Saragih, Pabandya Sops Kormar Mayor Marinir Bastian dan Pabandya Sops Pasmar-2 Mayor Marinir Eggie.

Dalam latihan Rimpac 2018, Korps Marinir melibatkan 215 prajurit, 8 unit LVT-7 dan 2 unit meriam Howitzer 105 mm dibawah pimpinan Mayor Marinir Aristoyuda, selain itu ada Letkol Marinir Sabrowanto, Mayor Marinir Deni Kusmana sebagai Staf Dan Task Force. (penmar/ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *