Dandim Dampingi Kapolres Tulungagung Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2023

Tulungagung – Komandan Kodim 0807 Tulungagung Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P bersama Pj Bupati Dr. Ir. Heru Suseno, M.T, mendampingi Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.H., S.I.K., M.Si. memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru tahun 2023 di halaman kantor Bupati Tulungagung, Kamis (21/12/2023).

Apel gelar pasukan ini diselenggarakan dalam rangka pengamanan menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Menurut Kapolres Tulungagung, AKBP Teuku Arsya Khadafi, apel ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan personel, alat, serta sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam Operasi Lilin Semeru 2023 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Dalam sambutannya, Kapolres menekankan fokus pengamanan pada kegiatan ibadah Natal agar berjalan aman dan nyaman bagi saudara-saudara Nasrani. Selain itu, pengamanan juga diperluas ke jalur-jalur khususnya menuju tempat-tempat wisata yang diperkirakan akan menjadi tujuan masyarakat pada pergantian tahun.

“Pihak Polres Tulungagung sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas, terutama pada jalur-jalur utama. Tujuannya agar tidak terjadi kemacetan yang mengganggu aktivitas masyarakat,” ungkap AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Dalam hal jumlah personel, Kapolres menyebutkan bahwa Polri bersama TNI dan Pemerintah Daerah telah menyiapkan 600 personel yang akan ditempatkan di Pos Pam, Posyan, pengaman Gereja, dan tempat wisata. Selain itu, akan ada 5 Pos Pam dan 2 Pos Yan untuk memberikan pelayanan kepolisian, kesehatan, dan perbengkelan kepada masyarakat.

Terpisah, Pj. Bupati Tulungagung Heru Suseno menegaskan bahwa Pemerintah Daerah siap mendukung penuh kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Personil dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Bakesbang, BPBD, dan unsur-unsur terkait dengan keamanan akan disiapkan.

Gelar pasukan tersebut juga dihadiri oleh berbagai instansi seperti Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung, Sekda, Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung, Kepala BNN Kabupaten Tulungagung, Karumkit RS Bhayangkara Tulungagung, Kepala OPD Tulungagung, PJU Polres dan Kapolsek Jajaran, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, dan organisasi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *