Dandim 0803/Madiun Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021

Madiun – Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru di Lapangan Tri Brata Mapolres Madiun, Kamis (23/12/2021)

Dalam kesempatan tersebut selaku pemimpin apel Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengatakan Apel Gelar Pasukan diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Tujuannya, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

” Seperti tahun biasanya, seluruh perayaan ibadah harus saling menghormati. Artinya kegiatan yang menganggu ketertiban masyarakat agar dihindari,” ujar Bupati Madiun.

Bupati menambahkan, perayaan Nataru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata untuk itu, kara dia, aktivitas pada pusat keramaian itu berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Dimulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang akan diantisipasi. Di antaranya ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum. Serta antisipasi ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, karena saat ini musim penghujan.

Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles mengatakan bahwa TNI dalam hal ini Kodim 0803/Madiun akan mendukung penuh upaya pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 bersama kepolisian dan instansi terkait, Kodim juga akan melaksanakan pengamanan dan personel melaksanakan pengamanan Patroli gabungan di Gereja untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan sudah mengunjungi tempat wisata yang ada di Kabupaten Madiun agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia menegaskan dalam pelaksanaan pengamanan Nataru, Polres Madiun mengerahkan personel sejumlah 400 orang. ” Namun ada anggota yang tetap standby di Mako apabila dibutuhkan,” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *