Dandim 0801/Pacitan Pimpin Rakor Pelaksanaan Karya Bakti Antisipasi Banjir

Pacitan – Pagi ini, Dandim 0801/Pacitan memimpin rakor terkait rencana pelaksanaan karya bakti pembersihan sungai, yang berlangsung di Ruang Data Makodim 0801/Pacitan Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Rabu (06/12/2023).

Dalam pelaksanaanya karya bakti tersebut, nantinya akan difokuskan untuk membersihkan sungai sepanjang Jl. Letjen Suprapto Pacitan, dengan melibatkan personil gabungan antara TNI, Polri, Pemda Pacitan, Dinas PUPR, Dishub, Dinas Lingkungan Hidup, dan masyarakat.

Dikatakan Dandim 0801/Pacitan, bahwa karya bakti pembersihan sungai selain untuk mengantisipasi curah hujan tinggi agar tidak terjadi banjir, juga sebagai bentuk kepedulian TNI dalam upaya pemberdayaan masyarakat menjaga lingkungan bersih dan sehat.

“Tumpukan sampah maupun rumput liar yang tumbuh di aliran sungai itu akan menyebabkan pendangkalan, sehingga jika hujan deras dikhawatirkan meluap dan membahayakan pemukiman sekitar. Oleh karenanya harus segera mendapat penanganan serius”, jelasnya.

Tak hanya sebatas itu, sebagai upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan agar tetap hijau dan asri, juga akan dilakukan penanaman pohon dengan memanfaatkan lahan kosong di sisi jalan.

“Sebagai bagian pemerintah kita harus peduli terhadap keadaan sekeliling, kalau bukan kita siapa lagi. Untuk itu, kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sangat dibutuhkan. Semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat, tak hanya untuk saat ini saja, namun juga demi masa mendatang”, ungkapnya.

Tampak hadir dalam rakor diantaranya, Drs. Joko Putro Utomo,MM (Kadishub Pacitan), AKP Sukinto Herman (Kabag Ops Polres Pacitan), Perwira Staf Kodim 0801/ Pacitan, Lettu (P) Adi Sagita (Pasiops Lanal Pacitan), Peltu Suparno (Anggota Detasemen Lanud Iswahjudi Pacitan), Serka Novan (Anggota Subdenpom V/1-4 Pacitan), Bpk. Sri Ahmadi (Kasi Trantib Satpol PP Pacitan), Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Kab. Pacitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *