Cegah Penyebaran DBD, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Dampingi Dinkes Pacitan Lalukan Foging

Pacitan – Tingkat kewaspadaan terhadap nyamuk penular penyakit Demam Berdarah Dengue (Aedes aegypti) harus senantiasa terus ditingkatkan, terlebih saat ini memasuki musim penghujan.

Disinyalir, saat musim hujan tiba seringkali menyebabkan banyaknya terjadi genangan air seperti pada selokan, wadah-wadah plastik, kaleng bekas, maupun tempat-tempat lain yang menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak.

Oleh karena itu, sangat diperlukan upaya-upaya pengendalian dan pemberdayaan masyarakat dalam memberantas nyamuk penyebab DBD secara terus menerus, baik di dalam maupun di lingkungan rumah, serta di tempat-tempat umum lainnya seperti sekolah, pasar dan lain-lain.

Dalam upaya mencegah merebaknya penyakit demam berdarah, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Kodim 0801/Pacitan bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kab. Pacitan mengadakan Foging di dua Dusun yakni Ngampeng dan Kebon, Desa Donorojo, Kab. Pacitan, Rabu (07/02 2024).

Dikatakan oleh Sertu Arief bahwa melalui kegiatan Foging ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kasus DBD khususnya di Kec. Donorojo, seiring saat ini memasuki musim penghujan.

“Pelaksanaan Foging di dua Dusun tersebut kita laksanakan secara bersamaan dengan menggunakan 4 alat Foging bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pacitan”, ujarnya saat melakukan pendampingan di lokasi.

Menurutnya selain fogging, pencegahan DBD dapat dilakukan dengan menerapkan cara 3M yaitu menguras dan membersihkan kamar mandi, menutup rapat tempat-tempat yang memungkinkan sarang nyamuk, dan mengubur barang-barang bekas penyebab genangan air.

“Kami berharap dengan upaya ini dapat mewujudkan lingkungan yang sehat terbebas dari penyakit demam berdarah. Kemudian, apabila ada anggota keluarga yang sakit segera konsultasikan dengan dokter agar dapat segera mendapat penanganan yang tepat”, ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *