Babinsa Posramil Gerih Gotong Royong Karya Bakti Benahi Tanggul Parit Persawahan

Ngawi – Dalam melaksanakan Binter di wilayah binaan, Babinsa Posramil Gerih Kodim 0805/Ngawi melaksanakan kerja bakti pembuatan tanggul dan parit di persawahan di Desa Randusongo, Kec Gerih, Kabupaten Ngawi, Senin (02/04/2022).

Selain Babinsa, kegiatan gotong-royong ini juga diikuti anggota dari balai penyuluhan pertanian lapangan(PPL) dari Dinas pertanian ngawi bersama dengan para masyarakat setempat dalam rangka menghidupkan kembali saluran air di area persawahan desa setempat,yang sebelumnya tidak terawat dan banjir saat musim hujan.

Disela sela kegiatan tersebut, Babinsa Posramil Gerih Serka Ali Mustofa mengatakan, dalam melaksanakan pembinaan teritorial, Babinsa harus selalu aktif terjun di tengah-tengah masyarakat, dan senantiasa terlibat langsung dalam kegiatan bakti TNI untuk bisa memberikan solusi dan manfaat bagi warga masyarakat, khususnya di wilayah binaan,”ucapnya.

“Selain itu, Babinsa harus bisa memberikan contoh dan teladan, serta membawa dampak positif bagi lingkungan binaannya, juga menjadi bagian penting bagi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya,”terangnya.

Ditegaskan, sebagai ujung tombak satuan teritorial di lapangan, aparat Babinsa terus membangun secara kekeluargaan tali silaturahmi dan kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat guna menciptakan suasana lingkungan nyaman dan bersih.

“Warga di sini masih menjunjung budaya kearifan lokal, salah satunya dengan gotong-oyong dalam setiap kegiatan, seperti pada kerja bakti pembuatan tanggul dan bersih-bersih saluran parit di Desa Randusongo ini,” tandasnya.

Warga sangat antusias bersama Babinsa terlihat bahu membahu mengangkat batu dan mencangkul tanah yang menghambat arus air, serta menata ulang batu yang telah dipasang dalam proses pembuatan tanggul biar rapi.

Sementara itu, Babinsa Serka Ali Mustofa mengaku, tujuan kegiatan ini, agar tidak terjadi sumbatan di saluran air saat terjadi hujan, dengan tanggul yang kokoh supaya tanah tidak amblas ke bawa air.”tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *