Yonranratfib 2 Marinir Peringati HUT Ke-79 TNI Tahun 2024 Di Kesatrian Marinir Soepraptono

Surabaya. Perayaan puncak HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober 2024 tidak hanya terpusat di Monas, tetapi juga diadakan di seluruh satuan TNI, baik matra darat, laut maupun udara, salah satunya prajurit Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) yang juga melaksanakan upacara peringatan HUT ke-79 TNI bersama Satlak jajaran Resimen Kavaleri 2 Marinir di Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung, Surabaya. Sabtu (05/10/2024).

Pada HUT ke-79 TNI dengan mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”, kali ini bertindak sebagai inspektur upacara Paspers Menkav 2 Marinir Letkol Marinir Lutfi Arif, S.Pd., M.A.P., dengan komandan upacara Kapten Marinir Marjanianto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kompi Aligator.

Pada rangkaian upacara salah satunya amanat Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang dibacakan oleh inspektur upacara diantaranya meliputi Peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara. Makna yang terkandung dalam tema tersebut yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia maju.

Para prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara Alutsista yang berteknologi tinggi. Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional menjadi suatu yang nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *