Kendalikan Hama Tikus,Babinsa Koramil Paron Bersama Petani Laksanakan Gropyokan Tikus

NGAWI – Babinsa Koramil 02/Paron Kodim 0805/Ngawi Serka Sugeng bersama para petani melaksanakan pemberantasan serangan hama tikus dengan cara groyok tikus untuk mengendalikan populasinya agar tidak semakin banyak bertempat di Desa Dawu Kecamatan Paron, Minggu (02/10/2022).

Tikus sawah adalah salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan meresahkan para petani, sehingga Bintara Pembina Desa (Babinsa) berkoordinasi dengan Petugas Pertanian lapangan (PPL) mendampingi Kelompok Tani (Poktan) untuk pembrantasan hama tikus semenjak menjelang masa tanam sampai dengan panen padi.

Serka Sugeng mengatakan, “kegiatan ini dinilai sangat efektif untuk memberantas tikus yang menyerang tanaman padi di persawahan petani.Selain menggunakan musuh alami dari tikus itu sendiri yang berupa burung hantu dan ular sawah, karena populasi perkembangbiakan tikus sangat cepat sekali.

Di harapkan dengan adanya kegiatan pemberantasan hama tikus dengan cara gropyokan ini bisa meningkatkan hasil panen para petani khususnya di Desa Dawu, ucapnya.

Dalam kesempatan ini juga Serka Sugeng menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menggunakan aliran listrik untuk memberantas hama tikus karena sangat membahayakan keselamatan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *