Jelang Latihan Puncak TNI AL, Ranpur Yontankfib 2 Marinir Ikuti Gelar Armada Jaya XLI Tahun 2023

Surabaya. Dalam rangka menghadapi latihan puncak TNI Angkatan Laut, Kendaraan Tempur (Ranpur) Yontankfib 2 Mar mengikuti Gelar Armada Jaya XLI Tahun 2023 yang diambil oleh Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto dan dilanjutkan embarkasi ke KRI Surabaya dan KRI Teluk Banten di Dermaga Madura, Koramada II, Ujung Surabaya. Selasa (27/06/2023).

Armada Jaya merupakan latihan puncak TNI AL yang menguji kemampuan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dengan melibatkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), pesawat udara, Marinir, hingga pangkalan. Puluhan Ranpur Tank PT 76(M) dan BMP 3F mengikuti latihan Armada Jaya dengan melibatkan semua Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang akan melaksanakan manuver lapangan pendaratan di Pantai Jangkar Asembagus dan sekitarnya.

Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.Opsla. mengatakan, “Manfaatkan latihan ini untuk melatih dan meningkatkan profesionalisme prajurit serta menguji hasil pembinaan satuan Kavaleri Korps Marinir matra laut untuk bersinergi dengan semua Alutsista TNI AL, dimana Armada Jaya di dalamnya terdiri dari unsur Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasbagratmin), dan Komando Tugas Gabungan Pertahanan Pantai (Kogasgabhantai),“ tegas Komandan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *