Forkopimda Kabupaten Madiun Gelar Apel Pengamanan Pilkades Serentak

Madiun – Forkopimda Kabupaten Madiun menggelar apel pasukan pengamanan pemilihan kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021, bertempat di Lapangan Tri Brata Polres Madiun, Minggu (19/12/2021).

Dalam sambutanya Kaji Mbing sapaan akrab bupati menuturkan rasa terimakasih kepada seluruh unsur dalam kesiapsiagaan dalam menyambut pilkades di 143 desa se Kabupaten Madiun. Diketahui ada sekitar 1.092 TPS yang akan digunakan pada pilkades 20 Desember besok.

“Mobilitas di masyarakat ada kenaikan, pilkades di masa pandemi ini memiliki suasana yang berbeda. Ada dua hal yang perlu di antisipasi yakni pandemi Covid 19 dan potensi konflik pilkades,” ujar Kaji Mbing

Dirinya menambahkan adanya varian baru Covid 19 yakni Omicron sudah masuk di Indonesia. Dirinya menekankan pentingnya prokes dan vaksinasi yang harus terus digenjot.

“Pada saat mobilitas masyarakat tinggi maka prokes harus juga meningkat,” pintanya.

Terhadap para personil dirinya menyampaikan agar mengedukasi masyarakat terkait situasi terbaru tersebut. Hal tersebut disebutkan Bupati perkembangan omicron yang lebih cepat dibandingkan varian delta.

“Cegah semaksimal mungkin kerumunan, gandeng seluruh tokoh masyarakat yang ada di lokasi TPS untuk bersama – sama melakukan pencegahan pandemi ini,” ujar Kaji Mbing.

Terkait potensi konflik terpantau sampai hari ini sudah mulai ada pergerakan mobilitas yang tinggi. ” Saya harap cegah konflik sebelum terjadi, padamkan konflik sekecil apapun,” tambahnya.

Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles melalui Paiops Kapten Arm Ragil Nur Cahyo mengatakan siap membantu mengamankan dalam proses pemungutan dan hitung suara Pilkades 20 Desember besok.

“Jajaran Kodim 0803/Madiun akan bersinergi dengan Polri dan unsur lainnya guna mendukung dalam menciptakan situasi aman dan kondusif pada penyelenggaraan Pilkades serentak ini,”tegas nya.

Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan menuturkan sebanyak 950 anggota personil Polres Madiun dikerahkan untuk pengamanan tersebut. Selain itu Polres Madiun juga mendapatkan tambahan personil dari Polres Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kodim 0803 yang masing-masing 30 personil. Juga ada dari Brimob, serta BKO.

Seusai apel dilakukan, Forkopimda Kabupaten Madiun melakukan pengecekan kesiapan personil dan materiel dalam pengamanan Pilkades.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *