Dankormar Hadiri Pemberangkatan Satgas Port Visit 2024 ke Negara Kawasan Pasifik Selatan

Jakarta, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Dr. Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. menghadiri pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Port Visit 2024 ke negara kawasan Pasifik Selatan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Wahidin Sudiro Husono-991 (KRI WSH-991) yang digelar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara. Rabu (09/10/2024).

Dalam kegiatan tersebut Komandan Korps Marinir menyaksikan pelepasan Satgas oleh Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP. mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) juga dengan Kementerian Kesehatan RI.

Sebelum dilepas, dalam kesempatan tersebut Dankormar mendampingi Pangkoarmada RI meninjau kesiapan Prajurit dan perlengkapan yang akan dibawa dalam kegiatan yang bertujuan untuk menjalin hubungan diplomasi pertahanan, menjalin hubungan baik dan membawa misi perdamaian dengan negara kawasan Pasifik Selatan antara lain Solomon, Fiji, Vanuatu dan Papua New Guinea.

Perlu diketahui Satgas Port Visit 2024 dipimpin oleh Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo Irbianto, S.E. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan kapal Bantu Koarmada III yang akan melaksanakan berbagai kegiatan pada tiap negara yang disinggahi, diantaranya Distinguished Visit, courtessy call atau kunjungan kehormatan, sport activity, culture program, open ship, national reception, bakti kesehatan pemberian bantuan kesehatan dan perbaikan fasilitas ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *