Cegah Pelanggaran Yonranratfib 2 Marinir Gelar Razia Handphone

Surabaya, Mengantisipasi terjadinya pelanggaran prajurit, Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan berbagai upaya pencegahan salah satunya diadakan Operasi mendadak (sidak) internal Satuan, dengan melibatkan anggota Staf Intelijen dan Provos, terkait larangan penggunaan aplikasi di handphone prajurit. Sidak dilaksanakan di Lapangan apel Yonranratfib 2 Marinir, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung, Surabaya. Kamis (23/06/2021).

Kegiatan sidak dipimpin langsung oleh Pasi Intel Yonranratfib 2 Mar Lettu Marinir Abdul Basyor mengarah pada berbagai aplikasi handphone seperti Tik tok, Bigo live, Smule, Binomo dan lainnya, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran prajurit tentang larangan penggunaan aplikasi handphone sesuai ketentuan yang sudah lama berlaku di lingkup TNI AL.

Hal tersebut menindaklanjuti perintah harian Bapak Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, agar Prajurit TNI AL tetap berpegang teguh terhadap Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI yaitu untuk senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya dengan menunjukkan kepada masyarakat luas secara bijak menyikapi kehadiran media sosial yang semakin berkembang dan beragam terhadap dampak positif maupun pengaruh negatif dalam penggunaannya.

Sebelumnya Komandan Yonranratfib 2 Mar, Letkol Marinir Kuswandi, S.H., M.Tr.Opsla. menyampaikan, tidak dipungkiri kehadiran media sosial memang memiliki dampak positif dalam kehidupan, salah satunya untuk memperoleh informasi maupun manfaat lainnya yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari, namun tetap perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa dampak negatif dalam penggunaan Medsos juga sangat besar. Hal itu dapat merugikan diri sendiri maupun institusi apabila dalam bermedsos tidak sesuai etika sebagai seorang prajurit maupun keluarga prajurit sebagai bagian dari keluarga besar Korps Marinir TNI AL.

Selain itu, “Maraknya perjudian online, pinjaman online maupun yang lainnya juga sangat berpengaruh terhadap kinerja para prajurit apabila terjerumus di dalamnya, maka dari itu kesadaran dan taat aturan selama menjalani kehidupan sebagai prajurit supaya tetap dilaksanakan agar tidak menimbulkan pelanggaran bagi prajurit,” pesannya.

Hadir dalam kegiatan sidak Pasintel Danmenkav 2 Mar Letkol Mar Untung Subagyo dan Wadan Yonranratfib 2 Mar Mayor Bambang Winarno.

Leave a Reply

Your email address will not be published.