Babinsa Ramil 09/Sudimoro Bantu Lakukan Penyiangan Tanaman Padi

Pacitan,- Upaya yang di lakukan Babinsa Ramil 0801/09 Sudimoro Serda Andik Kurniawan untuk menghasilkan tanaman padi yang produktif milik warga di wilayah binaannya salah satu nya membantu melakukan penyiangan Rumput di sekitar tanaman padi yang berlokasi di desa Karang mulyo,Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan. Sabtu(12/10/2024).

Rumput-rumput liar yang mengganggu dan menghambat pertumbuhan tanaman padi juga dapat mengakibatkan tanaman menjadi kurang subur. Rumput bisa menutupi pertumbuhan padi, yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat dan bahkan bisa mati.

Untuk itu Serda Andik Setiawan selaku Babinsa Ramil 0801/09 Sudimoro Desa Karangmulyo membantu kelompok tani Makmur melaksanakan penyiangan rumput di areal sawah milik Bapak mukidi.

“Penyiangan tanaman padi ini bertujuan, untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari. Selain itu tanaman padi yang tumbuh harus mendapatkan semua nutrisi dan pengairan secara optimal.

Kegiatan ini juga bertujuan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dengan warga masyarakat agar tercipta suasana kekeluargaan sehingga silaturahmi dengan warga masyarakat dapat terjalin dengan baik”.Ungkap Babinsa.

Selaku pemilik sawah Bapak Mukidi menuturkan, bangga dan berterimakasih sekali kepada Babinsa, yang ikut membantu para petani. Bahkan terjun langsung ke sawah, meski panas matahari yang menyengat tak di hiraukannya, semangat Babinsa sungguh luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *