MPLS Siswa Baru, Anggota Kodim 0802/Ponorogo Latih PBB dan Wasbang

Ponorogo,- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun disaat memasuki tahun ajaran baru khususnya bagi para siswa yang baru pertama masuk sekolah dimana pelaksanaanya bekerjasama dengan Kodim 0802/Ponorogo, Senin (15/07/2024).

Pada MPLS tahun ajaran baru 2024 / 2025 kali ini Kodim 0802/Ponorogo kembali dipercaya memberikan pelatihan Pendidikan Baris Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada para siswa baru di seluruh lembaga pendidikan yang di Kabupaten Ponorogo khususnya bagi siswa baru SMP/SMK dan MAN.

Komandan Kodim 0802 / Ponorogo Letkol Inf Dwi Soerjono menyampaikan terima kasih kepada seluruh lembaga pendidikan di Kabupaten Ponorogo yang telah memberi kepercayaan kepada Kodim 0802/Ponorogo dalam kegiatan MPLS kepada para siswa.

“ Terima kasih kepada seluruh lembaga pendidikan di Kabupaten Ponorogo yang telah memberi kepercayaan kepada Kodim 0802/Ponorogo dalam kegiatan MPLS bagi para siswa baru, “ kata Dandim 0802/Ponorogo.

“ Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami yang tentu kami terima dan kami laksanakan dengan serius dan penuh tanggung jawab guna memberikan bekal kepada para siswa baru agar tertanam rasa kebersamaan, tanggung jawab dan disiplin, “ terang Letkol Inf Dwi Soerjono.

Dandim juga menambahkan bahwa dengan diberikan materi Wasbang para siswa diharapkan semakin paham akan sejarah dan budaya, menghargai perbedaan, serta berjiwa patriot dan nasionalisme yang tinggi.

Selanjutnya terkait materi yang diberikan, Pasiops Kodim 0802/Ponorogo menjelaskan bahwa seluruh siswa baru akan diberikan materi yang sama yaitu PBB dan Wawasan Kebangsaan dimana pelaksanaan di lapangan dilakukan oleh anggota Kodim 0802/Ponorogo baik yang ada di Makodim maupun Koramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo.

“ Materi yang diberikan adalah Peraturan Baris Berbaris dan Wawasan Kebangsaan yang semuanya diberikan oleh anggota baik itu yang ada di Makodim maupun Koramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo yang memang sudah berkompeten dibidangnya, “ ujar Pasiops Kodim 0802/Ponorogo.
.

Sementara Kepala MAN 1 Ponorogo Agung Drajatmono, Mpd. yang mewakili sekolah yang lainnya saat dikonfirmasi Media Center 0802 mengatakan bahwa MPLS yang sudah rutin dilakukan tiap tahun tersebut bertujuan sebagai pengenalan lingkungan sekolah kepada para siswa yang baru masuk.

“ Tujuannya adalah untuk pengenalan lingkungan Madrasah, dengan mengenali lingkungan maka siswa siswi baru dapat mengenal dengan mudah dalam hal proses pelaksanaan pembelajaran yang akan datang, “ kata Kepala MAN 1.

Dia juga menjelaskan dengan diselenggarakan MPLS diharapkan para siswa siswi bisa lebih mengerti akan Wawasan Kebangsaan, tentang moderasi beragama dan yang terpenting adalah pengenalan proses pembelajaran yang baru.

Adapun rincian materi yang diberikan kepada para peserta MPLS yang rencana digelar selama satu minggu tersebut diantaranya yaitu : untuk baris berbaris berupa : Sikap Sempurna, Istirahat, Lencang Kanan / Kiri dan setengah lencang kanan/kiri, Lencang Depan, Berhitung, Perubahan Arah, (Hadap serong kanan / kiri, Balik kanan); Membuka / Menutup Barisan; Bubar, Berhimpun, Berkumpul, Meninggalkan Barisan serta Gerakan berjalan ( langkah biasa, langkah tegap).

Selanjutnya untuk materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) menyuguhkan materi berupa: Wawasan Bhineka Tunggal Ika, pengertian negara, arti dan makna serta simbol Negara, nilai-nilai wawasan Nusantara, dampak membangun karakter bangsa sesuai dengan landasan dan nilai luhur Pancasila sebagai Ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk nama – nama sekolah yang bekerjasama dengan Kodim 0802/Ponorogo dalam kegiatan MPLS tahun pelajaran 2024 / 2025 yaitu : SMPN 5 Ponorogo, SMPN 3 Ponorogo SMPN 6 Ponorogo, SMK Sore Ponorogo, MAN 1 Ponorogo, SMK 1 Ponorogo, MAN 2 Ponorogo serta SMK 2 Ponorogo.(MdC0802)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *