Wujudkan Binter TNI AD yang Adaptif: Kodim 0806/Trenggalek Gelar Kegiatan Antisipasi Bahaya Laten Komunis dan Faham Radikal

Trenggalek – Kodim 0806/Trenggalek kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara dengan menggelar kegiatan pembinaan antisipasi bahaya laten Komunis dan faham radikal. Kegiatan ini, yang dilaksanakan di Aula Makodim 0806/Trenggalek, mengusung tema “Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif Melalui Giat Komsos Mewaspadai Bahaya Laten Komunis dan Paham Radikal Demi Keselamatan Bangsa dan Tegaknya NKRI”, Jumat (17/11/2023).

Acara yang dihadiri oleh perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Kodim 0806/Trenggalek, serta perwakilan dari berbagai elemen masyarakat, menciptakan forum diskusi yang berharga untuk membahas ancaman bahaya laten Komunis dan faham radikal yang dapat merongrong keamanan negara dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasdim 0806/Trenggalek, Mayor Arh Yanuar Sulistyo, S.H., menunjukkan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara berbagai unsur TNI dan masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam sambutannya, Mayor Arh Yanuar Sulistyo, S.H., menyampaikan tujuan utama kegiatan ini, yaitu agar setiap prajurit memahami secara mendalam tentang bahaya laten Komunis dan faham radikal.

“Dengan pemahaman yang baik, kita diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mencegah berkembangnya ajaran Komunis dan faham radikal di wilayah binaan masing-masing. Ini adalah langkah konkret untuk menjaga keselamatan bangsa dan tegaknya NKRI,” ujar Mayor Arh Yanuar Sulistyo, S.H.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Babinsa jajaran Kodim 0806/Trenggalek, perwakilan Keluarga Besar TNI (KBT), dan sejumlah instansi terkait seperti Minved, DKT Pratama, Subdenpom Persiapan Trenggalek, dan Gudmulap V/1 Trenggalek. Keberagaman peserta hadir memperkuat semangat persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan bangsa.

Melalui kegiatan ini, Kodim 0806/Trenggalek memberikan kontribusi nyata dalam upaya pencegahan dan penanggulangan potensi bahaya laten Komunis dan faham radikal. Semangat pembinaan dan sosialisasi yang diusung melalui kegiatan ini diharapkan dapat meresap hingga ke tingkat yang lebih luas dalam masyarakat, sehingga kewaspadaan terhadap ancaman tersebut dapat terus ditingkatkan.

Dengan adanya kegiatan ini, Kodim 0806/Trenggalek menunjukkan bahwa pembinaan terhadap prajurit tidak hanya sejalan dengan tugas pokok TNI, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kesadaran kolektif akan bahaya laten Komunis dan faham radikal diharapkan dapat menjadi pagar pertahanan yang kokoh untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *