Tertibkan Penerbangan Balon Udara, Forkopimda Ponorogo Patroli Udara Menggunakan Helikopter

Ponorogo,- Forkopimda Ponorogo hari ini melaksanakan penertiban terkait penerbangan balon udara oleh oknum masyarakat. Kegiatan diawali dengan apel bertempat di stadion Batoro Katong Kabupaten Ponorogo, Selasa (17/05/2022).

Usai pelaksanaan brifing dan apel, para peserta langsung terbang menggunakan pesawat Helikopter Super Puma SA 330 keliling langit Ponorogo memonitor penerbangan balon udara tanpa awak.

Terkait kegiatan tersebut Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P. kepada Media Center 0802 menyampaikan bahwa patroli tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghimbau dan mengajak masyarakat agar tidak menerbangkan balon udara secara liar.

” Tidak bisa dipungkiri bahwa ini sudah merupakan salah satu tradisi. Namun demikian alangkah eloknya bila ini ( menerbangkan balon tanpa awak ) tidak dilakukan secara liar karena dampaknya sangat membahayakan terutama pada lalu lintas udara, ” kata Dandim 0802/Ponorogo.

Beliau melanjutkan, ” Tentu kami sepakat agar masyarakat tidak menerbangkan balon tanpa awak dengan sembarangan, ini perlu satu wadah atau solusi seperti mengadakan festival balon udara ” .

Tidak hanya membahayakan lalu lintas udara, resiko menerbangkan balon udara tanpa awak juga bisa menimbulkan bahaya antara lain kebakaran hutan maupun lingkungan atau rumah yang kebetulan tertimpa balon udara tanpa awak yang jatuh.

Turut dalam patroli udara menertibkan penerbangan balon udara tanpa awak di wilayah Kabupaten Ponorogo antara lain: Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, S.E, M.Si; Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P.; Wakapolres Ponorogo, Kompol Meiridiani, S.H.; Kasubdit Penyidik Penerbangan Sipil, Bpk Rudi Ricardo serta pejabat Lanud Iswahyudi Madiun.(MdC0802)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *