Babinsa Pos Ramil 0803/18 Manguharjo Laksanakan Pendampingan Penyemperotan Hama

MADIUN, trisulanews.com – Serma Dwi Hartono Babinsa Pos Ramil 0803/18 Kodim 0803/Madiun melaksanakan salah satu kegiatan upaya khusus dalam rangka swasembada pangan dengan membantu petani melaksanakan penyemprotan hama tanaman padi, Minggu (10/06/2018).

Kegiatan pendampingan penyemprotan hama dilaksanakan pada lahan sawah kelompok tani Sido Makmur Satu sawah milik bapak Margono Kelurahan Manguharjo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun.

Sebelum pelaksanaan penyemprotan dimulai Serma Dwi Hartono menjelaskan tentang pentingnya penyemprotan untuk pencegahan terhadap gangguan hama yang sering terjadi menyerang pada tanaman padi.

Serma Dwi Hartono mengatakan “Penyemprotan yang tepat untuk tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka, dikarenakan cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman padi, sehingga masuk ke dalam lapisan jaringan, Sedangkan posisi yang tepat adalah di bawah permukaan daun, karena disinilah letak mulut daun berada”

“Kita harus sering melakukan pemantauan terhadap tanaman padi, bila ada tanda-tanda tanaman ada hama kita harus cepat melakukan penyemprotan hama terhadap tanaman padi, karena sangat sulit bila terlambat kita menyemprot dan padi sudah diserang hama”,pungkas Serma Dwi. (mc0803)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *