Wujud Antisipasi Penyebaran, Serka Suminto Komsos Terkait PMK Kepada Warga Binaan

Tulungagung – Babinsa Gempolan Serka Suminto anggota Koramil Tipe B 0807/10 Pakel melaksanakan komunikasi sosial (komsos) kepada warga binaan terkait perkembangan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Desa Gempolan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Rabu (01/06/2022).

Kegiatan komsos kepada para peternak di wilayah binaan ini merupakan wujud langkah nyata upaya pencegahan penyebaran dan pengendalian PMK yang terintegrasi serta terstruktur agar dapat mengurangi dampak penyakit hewan di wilayah yang terinfeksi serta mempertahankan wilayah yang masih bebas.

Serka Suminto menyampaikan informasi dan edukasi kewaspadaan dini penyakit mulut dan kuku yang disebabkan oleh virus dan bersifat akut serta sangat menular pada hewan berkuku belah terutama ternak ruminansia seperti sapi kerbau kambing dan domba serta babi, dikarenakan penyebarannya cepat sehingga dapat mengancam kesehatan ternak di Indonesia yang berdampak pada kerugian ekonomi pada masyarakat.

Ia berharap informasi dan edukasi kewaspadaan dini PMK dapat disampaikan kepada warga lainnya agar dapat mengantisipasi perkembangan penyakit tersebut dengan segera melaporkan ke petugas kesehatan hewan apabila terjadi gejala pada hewan ternaknya.

“Saya berharap para peternak dapat menyebarkan informasi antisipasi PMK ke peternak lainnya untuk cegah dini.” ungkap Serka Suminto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *